Thursday, 19 October 2017

42 Mobil Berstrobo Terjaring Satlantas Polres Tangerang Selatan

Jumat, 13 Oktober 2017 — 7:59 WIB
Foto Humas Polda Metro

Foto Humas Polda Metro

TANGERANG- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tangerang Selatan (Tangsel) mengelar razia terhadap kendaraan yang menggunakan lampu isyarat atau strobo dan mendapati hingga puluhan kendaraan.

“Sebanyak 42 kendaraan roda empat terjaring dalam razia rutin yang digelar sepanjang Jalan Boulevard Alam Sutera Serpong utara hingga depan Mall WTC Serpong,” kata Kasat Lantas Polres Tangsel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lalu Hedwin.

Dalam razia kemarin, pihak kepolisian khusus menyasar kendaraan-kendaraan yang memasang lampu isyarat, rotator atau lampu sirine tanpa hak dan kemudian dilakukan penilangan.

“Kita tilang dan kita suruh copot, dikenakan pasal 2 87 UU no 22 2009, dengan ancaman kurungan pidana maksimal 1 bulan atau denda maksimal Rp 500 ribu,” ungkapnya.

Menurutnya pemasangan lampu isyarat dalam kendaraan sudah diatur penggunaannya dalam Undang-undang, sehingga tidak sembarang orang boleh menggunakan lampu isyarat tersebut.

“Lampu rotator biru itu untuk kepolisian yang merah itu untuk ambulance, TNI, Palang Merah dan Warna Kuning tanpa suara sirine itu untuk kendaraan khusus derek, Dishub, dan mobil patroli di jalan tol” jelasnya.

AKP Lalu Hedwin pun menghimbau, bagi masyarakat untuk tidak menyalahgunakan penggunaan lampu isyarat tersebut karena dapat mengganggu para pengguna jalan yang lainnya “Kalau emang tidak berhak tidak punya kewenangan, jangan memasang. Dengan alasan buru-buru jangan jadi mengambil hak pengguna jalan yang lain ” ungkapnya. (B)