Monday, 18 December 2017

Berdalih Mau Sumbang Masjid Istiqlal, Dua Pria Menipu Wanita Pengusaha

Jumat, 13 Oktober 2017 — 16:48 WIB
Kasubag Ops AKBP Asfuri didampingi Kasat Teskrim AKBP Tahan Marpaung saat beri keterangan pers

Kasubag Ops AKBP Asfuri didampingi Kasat Teskrim AKBP Tahan Marpaung saat beri keterangan pers

JAKARTA (Pos Kota) – Dua pria mengaku Warga Negara Brunai, menipu wanita pengusaha dengan dalih mau menyumbang dana ke Masjid Istiqlal. Korban harus menderita kerugian Rp 460 juta karena penipu menarik dana dari rekening wanita pengusaha itu di ATM Bank BNI. Namun aksi kedua tersangka berakhir setelah dibekuk polisi di Senayan dan Atrium,Senen, Jakarta Pusat, Kamis (12/10) malam.

Tersangka SF,32, dan AA, 36, kini mendekam di tahanan kantor polisi, sedang Sri Lusiana,47, asal Pontianak.Kalbar,dimintai keterangan.

Kasubag Ops AKBP Asfuri didampingi Kasat Teskrim AKBP Tahan Marpaung, menuturkan kejadian berawal dari perkenalan pelaku dengan korban saat datang ke Jakarta. Korban saat itu nginap di hotel di Jalan Abdul Muis,Gambir.

Dari pertemuan itu, wanita ini diduga sudah hipnotis pelaku tiba-tiba ngomong mau menyumbang duit ke Masjid Istiqlal caranya gimana. Wanita itu meresponnya dan bersedia mengantar pelaku ke masjid.

Dua pelaku bersama korban dari penginapan naik mobil yang mereka sewa menuju masjid, namun sebelum itu pelaku mengajak wanita itu ke ATM mau melihat saldo korban. Setelah tahu kalau korban mempunyai tabungan Rp 1,3 miliar, dan pelaku juga untuk meyakini korban memperlihatkan kalau dananya di ATM ada Rp 8 miliar.

Setelah memperlihatkan saldo masing-masing, wanita bersama dua pelaku kembali ke mobil namun sebelum menuju Masjid Istiqlal, pelaku malah ke ATM lagi.

Di ATM ini wanita itu tetap nurut ikut masuk ke counter ATM, dan disaat itu pelaku menukarkan ATM milik korban dengan ATM pelaku. Setelah penukaran kartu dua pria yang mengaku-ngaku WN Brunai kabur meninggalkan korban.

Karena takut ATM dikuras, wanita itu langsung melapor ke Polres Metro Jakpus, namun begitu dicek saldo korban sudah terkuras Rp 460 juta.Petugas akhirnya berhasil menciduk dua pelaku di Senayan dan di Senen..(silaen)