Tuesday, 17 October 2017

Dinyatakan Lengkap, Berkas Jonru Dikirim ke Kejaksaan Tinggi DKI

Jumat, 13 Oktober 2017 — 9:18 WIB
Jonru Ginting saat di Polda.(dok)

Jonru Ginting saat di Polda.(dok)

JAKARTA (Pos Kota) –  Setelah melalui serentetan proses pemeriksaan baik saksi, ahli, dan barang bukti penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menyatakan lengkap berkas perkara tersangka ujaran kebencian melalui media sosial (medsos), Jonru Ginting.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penyidik telah mengirimkan berkas perkara Jonru yang sudah lengkap itu ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Rabu, 11 Oktober 2017 lalu. “Sudah dikirim ya, tahap 1 ke Kejaksaan,” ujar Argo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, (12/10/2017).

Untuk pelimpahan tahap dua yakni penyerahan barang bukti dan tersangka akan dilakukan secepatnya saat Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menyatakan lengkap atau P21. Namun, jika memang dirasa belum lengkap dan berkas dikembalikan atau P19 penyidik siap untuk kembali melengkapi berkas Jonru.

Setelah melalui gelar perkara berdasarkan alat bukti dan saksi serta ahli yang didapat oleh penyidik, Jonru ditetapkan tersangka oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya pada Jumat, (29/9/2017), saat itu juga ia resmi ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

Dalam kasus ini, Jonru Ginting dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena dinilai kerap menyebarkan ujaran kebencian dalam dunia maya. Pihak pelapor, Muannas Al Aidid yang berprofesi sebagai pengacara. Muannas melaporkan Jonru ke polisi pada Kamis 31 Agustus.

Laporan yang dibuat Muannas diterima polisi dengan nomor LP/4153/ VIII/2017/ PMJ/Dit.Reskrimsus. Dalam laporan itu, Jonru diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (Yendhi/win)