Monday, 23 October 2017

Dua Mesin ATM di Indomaret Dijebol Maling Dengan Cara Dilas

Jumat, 13 Oktober 2017 — 20:34 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

BOGOR (Pos Kota) – Dua mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik BCA dan BRI di dalam minimarket Indomaret Kaum Pandak Karadenan dibobol penjahat Jumat (13/10/2017).

Saat kejadian, toko Indomart di Jalan Raya Pemda Karadenan Kampung Kaum Pandak Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor sedang sepi.

Pelaku menggasak uang tunai pecahan Rp100 ribu. Jumlah kerugian belum dipastikan, karena sedang dihitung petugas dari dua bank bersama pihak kepolisian.

Kapolsek Cibinong, Kompol Hida Tjahjono mengatakan, raibnya uang diduga ratusan juta dari empat boks ATM baru diketahui sekitar pukul 05.40 WIB Jumat (13/10/2017) pagi.

Saat itu Siti Suyeni 21, dan Khafif 20, dua karyawan minimarket datang dan hendak membuka toko. Kedua karyawan yang sudah dimintai keterangan sebagai saksi ini mengaku, mendapati lampu alarm berbunyi dan berkedip.”Setelah dicek, kemudian diketahui bahwa toko sudah dimasuki orang tak dikenal,”kata Kompol Hida.

Ia menuturkan, saat olah TKP, diketahui, jika aksi pencurian uang di ATM berlangsung pukul 03.50 WIB. Bahkan aksi pencurian ini terdeteksi awal melalui sinyal darurat di HP saksi yang terkoneksi dengan sistem alarm toko.

“Jadi HP saksi itu terkoneksi dengan alarm toko. Makanya mereka datang subuh ketempat kerja, guna mengecek situasi toko. Dan benar ATM BCA dan BRI dalam toko, sudah rusak,”kata Kompol Hida.

Dua karyawan lalu menyalakan lampu. Saat lampu menyala, ditemukan tabung gas elpiji ukuran 3 Kg dan plafon toko sudah terbuka tepat di atas cooler.

“Jadi mesin ATM dirusak dengan cara di las. Dalam toko, dua saksi mencium bau menyengat seperti bau alat las. Setelah dilcek seluruh ruangan toko, diketahui 2 mesin ATM yang berada di dalam toko sudah dalam keadaan rusak seperti dilas,”ujarnya.

Bersamaan, dua karyawan melihat tempat box atau casette uang didalam ATM BCA sudah berada di luar.

Sedangkan mesin ATM BRI yang berada di sampingnya juga sudah dalam keadaan rusak dilas, namun box atau casette nya belum sempat diambil.

“Dua karyawan ini melaporkan ke Edi, Supervisor minimarket,”tandas Kompol Hida.

Anggota Polsek Cibinong Bripka Heru Budiono dan Kanit Opsnal Polsek Cibinong, Aiptu Jauhari yang tiba di lokasi, lalu olah tempat kejadian perkara.

Petugas menyita 1 gas 3 Kg, 4 boks atau casette bank BCA, 1 set alat las dengan tabung oksigen, 1 buah kaos tangan.”Saat ini perkaranya ditangani oleh Sat Reskrim Polres Bogor. Pelaku sedang diburu petugas,”tandas Kompol Hida. (yopi)