Thursday, 14 December 2017

Kasal Resmikan Beechraft King Air dan Dua Heli di Surabaya

Jumat, 13 Oktober 2017 — 14:51 WIB
Beechraft King Air

SURABAYA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., secara langsung meresmikan Pesawat Udara (Pesud) satu unit Beechcraft King Air dan dua unit Helikopter Panther AS 565 Mbe HS-4203 dan HS-4204 yang menandakan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) tersebut resmi masuk jajaran Penerbangan TNI AL, Jumat (13/10) di Base Ops Lanudal Juanda, Surabaya.

Pesawat Beechcraft tipe King Air 350i U-6401 ini, merupakan pesawat buatan Beechcraft, Wichita, Kansas USA, yang akan melengkapi Alutsista di jajaran Penerbangan Angkatan Laut sebagai pesawat angkut personel VVIP di bawah Komando Skuadron 600 Wing Udara 1. Pesawat jenis ini memiliki mesin ganda berkekuatan 1.050 HP, Double Engine Turbotrop dan berbahar bakar Avtur.

Selain itu Helikopter Panther AS 565 Mbe merupakan Helicopter Naval Version buatan Airbus Helicopter sehingga mampu melaksanakan operasi di laut dan mendarat di Kapal Perang. Helikopter ini merupakan Multi Role Helicopter yang memiliki kemampuan untuk Maritime Surveillance, Search and Rescue, Maritime Patrol, Medical Evacuation, and Anti Submarine Warfare. Helikopter Panther AS 565 Mbe HS-4203 dan HS-4204 akan melengkapi alutsista di jajaran Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut sebagai Helikopter Anti Kapal Selam (AKS) di bawah komando Skuadron 400 Wing Udara 1.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa, Penerbangan TNI Angkatan Laut secara bertahap mulai tahun 2015 sampai dengan 2019 akan terus mengembangkan Alutsista Pesud untuk fungsi anti kapal selam, anti kapal permukaan, pendaratan lintas helikopter, dukungan logistik taktis dan Pesud Latih. Kebutuhan pesawat tersebut tentunya untuk menjawab ancaman yang menggangu eksistensi keamanan dan kedaulatan yurisdiksi perairan nasional yang memiliki nilai strategis baik untuk kepentingan pelayaran, perdagangan, komunikasi, perikanan, pertambangan dan lain sebagainya.

“Oleh karena itu, saat ini TNI Angkatan Laut sedang melaksanakan modernisasi alutsista secara bertahap. Hal ini ditandai dengan datangnya satu unit Pesud jenis King Air 350i buatan Beechcraft USA guna memperkuat pusat Peuspenerbal sebagai Pesud angkut taktis dengan Tail Number U-6401”, kata Kasal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Puspenerbal Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc., para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, serta para Penerbang TNI AL.

(dispenal/sir)