Thursday, 19 October 2017

Ngaku Butuh Uang Bayar Kos, Oknum Honorer Curi Kotak Amal

Jumat, 13 Oktober 2017 — 14:29 WIB
ilustrasi

ilustrasi

LAMPUNG (Pos Kota) – Kepepet tidak punya uang untuk bayar kost dan beli makan, oknum honorer Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Bandar Lampung, In,31, warga Kaliawi, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung, nekat mencuri kotak amal di satu rumah makan di Jalan Diponegoro, Telubetung Utara, Kota Bandar Lampung, Jumat (13/10/2017).

Kapolsek Telukbetung Utara, Kompol. Suharto membenarkan pihaknya telah mengamankan tersangka di Mapolsek Telukbetung Utara. “Oknum tersebut di tangkap oleh warga kemudian diserahkan ke petugas,”kata Suharto.

Saat diperiksa, lebih lanjut kata Suharto, oknum tersebut mengakui perbuatannya. Dia (In) nekat mencuri kotak amal di salah satu rumah makan karena tidak punya uang untuk bayar kost-an, membeli makanan. “Saat beraksi, tersangka ditemani rekannya bernama D,”ujarnya.

Kronologinya, tambah Suharto, awalnya mereka melintas di depan sebuah rumah makan dan melihat kotak amal. Melihat itu, timbul niat buruk keduanya untuk mencuri isi kotak amal tersebut pada saat situasi sedang sepi.

Mengira situasi di sekitar rumah makan sudah sepi, keduanya berbagi tugas. Tersangka D berperan mengamati situasi dan tersangka In mendekati kotak amal dan mencongkel kotak amal menggunakan obeng, lalu mengambil uang yang ada di dalam kotak amal.

Naas, aksi tersebut di ketahui warga dan diteriaki, “Maling”. Teriakan itu, didengar oleh warga lainnya, kemudian beramai-ramai mengejar dan menangkap tersangka In. Sedangkan, rekannya tersangka D berhasil lolos dari kejaran warga.

Tersangka In diserahkan kepada petugas yang datang ke lokasi. Selain mengamankan tersangka In, petugas mengamankan barang bukti berupa, uang tunai dari kotak amal Rp 101 ribu.

Akibat perbuatannya, tersangka In bakal dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman selama 7 tahun penjara.

(koesma/sir)