Thursday, 14 December 2017

Sesudah Bersuara Lantang soal Harvey Weinstein, Akun Rose McGowan Sempat Dibekukan

Jumat, 13 Oktober 2017 — 17:32 WIB
rose-mcgowan

 

AKTRIS Rose McGowan, yang ikut menyuarakan dugaan pelecehan seksual oleh Harvey Weinstein, sempat dibekukan akunnya oleh Twitter.

 

Akunnya dikunci selama 12 jam oleh Twitter, karena dinilai melakukan ”pelanggaran”.

Kata raksasa media sosial tersebut, ”di salah salah satu status dia mengungkap nomor telepon pribadi”.

McGowan ikut disebut-sebut dalam artikel New York Times yang melaporkan dugaan pelecehan seksual terhadap aktris muda yang sudah terjadi puluhan tahun.

Penangguhan akun artinya McGowan tidak bisa membuat status, memakai fungsi retweet atau menyukai postingan orang lain di Twitter. Satu-satunya yang bisa dilakukan cuma mengirim pesan langsung. Tapi, Twitter juga menyebutkan bahwa sekarang akun McGowan sudah dibuka lagi dan statusnya yang bermasalah sudah dihapus.

Persoalan ini diposting Rose McGowan di akun Instagramnya.

Twitter dalam pesannya ke McGowan mengatakan bahwa mereka akan mengaktifkan kembali akun tersebut apabila aktris kelahiran Italia tersebut menghapus statusnya yang dianggap melanggar ketentuan Twitter.

Dikonfirmasi juga oleh Twitter, memasang nomor telepon pribadi di status tergolong pelanggaran.

Twitter mengatakan, pihaknya ”sudah menghubungi tim McGowan”.

Perusahaan media sosial tersebut juga mengatakan: ”Twitter bangga bisa menguatkan dan mendukung setiap orang yang menyuarakan kebenaran menggunakan platform kami.”

weinstein

Sebelumnya, publik sempat berspekulasi bahwa penangguhan akun McGowan terkait dengan reaksinya terhadap aktor Ben Affleck.

Dalam sebuah status Twitter yang sudah dihapus, McGowan mengatakan Affleck tahu betul kelakukan Weinstein.

Affleck sempat membuat status di Facebook yang mengatakan bahwa dia ”sedih dan marah” terhadap Weinstein, karena ”memakai posisinya untuk mengintimidasi, melakukan kekerasan seksual, dan memanipulasi banyak perempuan selama berpuluh-puluh tahun”.

Menurut aturan Twitter, status yang bernada ancaman dan kebencian bisa membuat akun pengguna ditangguhkan.

Weinstein dituduh memakai posisi dan pengaruhnya untuk mengambil keuntungan, dan melakukan pelecehan seksual terhadap aktris muda Hollywood selama tiga dekade terakhir.

Sederet bintang Hollywood ikut bersuara mengecam kelakuan Weinstein, seiring makin banyaknya korban termasuk Cara Delevingne dan Angelina Jolie yang menceritakan pelecehan seksual yang mereka alami.

Weinstein menyangkal semua tuduhan dan mengaku sedang menjalani terapi untuk memperbaiki penyimpangan perilaku. Dia pun dipecat dari perusahaannya sendiri.(BBC)