Tuesday, 12 December 2017

Tanah di Depan Menara Saidah Longsor ke Galian LRT

Jumat, 13 Oktober 2017 — 15:21 WIB
Tanah longsor di depan gedung di Jalan MT Haryono

Tanah longsor di depan gedung di Jalan MT Haryono

JAKARTA (Pos Kota) – Menara Saidah yang udah beberapa tahun kosong dan disebut-sebut kondisinya miring, mendadak menjadi berita lagi. Ini gara-gara terjadi tanah longsor di depan gedung di Jalan MT Haryono, Jaksel, seberang Stasiun KA Cawang, itu longsor. Foto-foto beredar di medsos dan bikin heboh.

Di lokasi tersebut, kini sudah terpasang gari polisi. Di tempat yang longsor, kebetulan sedang digali untuk pembuatan pondasi proyek LRT (Light Rail Transit – kereta ringan), yang rencananya merupakan lanjutan dari UKI hingga Jalan Gatot Subroto. Lokasi galian itu persis di depan gedung Menara Saidah.

Di lokasi terlihat, galian yang cukup dalam untuk  pengerjaan proyek tersebut. Di sisi selatan, persis di dekat Menara Saidah, tampak tanah longsor, meski ditutupi platik biru untuk penahan.

Di sekitar lokasi juga sudah ditancapkan besi-besi untuk penahan galian, juga ada besi-besi serta materian proyek LRT tersebut. Longsor terjadi pada Kamis (12/10/2017) sore setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras, sehingga tanah bergerak turun.

Di dekat gedung itu, sehari-hari banyak orang lalu lalang, yakni untuk menuju ke Stasiun Cawang, melalui terowongan sejajar rel. Juga, orang-orang yang akan naik busway di halte dekat stasiun tersebut.

Banyak juga tukang ojek mangkal untuk menjemput calon penumpang yang berasal dari KRL ataupun turun dari busway. “Wah, tahu-tahu ribut, katanya ada yang longsor. Kata abang-abang yang ngetem di situ, sih, katanya longsornya kemarin sore,” ujar Susi, yang akan menuju halte busway. (win)