Monday, 25 June 2018

Julia Roberts Minta Seluruh Korban Pelecehan Harvey Weinstein Buka Suara

Sabtu, 14 Oktober 2017 — 8:10 WIB
Julia Roberts. (ist)

Julia Roberts. (ist)

AMERIKA SERIKAT – Kasus dugaan pelecehan seksual dan pemerkosaan yang menyeret nama produser kenamaan Hollywood Harvey Weistein, membuat aktris Julia Roberts geram. Ia menyatakan kecamannya terhadap Weinstein, dan meminta korban buka suara.

“Seorang pria yang korup dan berkuasa memegang pengaruhnya untuk menyalahgunakan dan memanipulasi wanita. Kami pernah mendengar cerita yang menyebalkan dan memilukan ini berkali-kali sebelumnya. Dan sekarang kita kembali lagi. Saya berdiri teguh dengan harapan akhirnya kita akan berkumpul sebagai masyarakat untuk melawan perilaku pemangsa semacam ini, untuk membantu korban menemukan suara dan kesembuhan mereka, dan untuk menghentikannya sekali dan untuk selamanya,” ujar Roberts.

Ia meminta baiki korban pelecehan Weistein maupun korban dari kasus lainnya untuk berani bicara dan segera meminta bantuan.

“Jika Anda telah mengalami pelecehan atau pelecehan apa pun, ada tempat untuk meminta pertolongan, termasuk Jaringan Nasional Pemerkosaan, Penyalahgunaan & Incest (RAINN.org). Atau hubungi Hotline Asuhan Seksual Nasional 800-656-HOPE (4673).”

Aktris senior, Meryl Streep pun mengambil sikap serupa. Pernah bekerja sama dengan Weinstein dalam film August: Osage Country, Streep mengatakan jika tidak semua orang yang pernah bekerja dengan Weinstein tahu tentang perangai buruknya.

“Satu hal bisa diklarifikasi, tidak semua orang tahu. Harvey mendukung pekerjaan itu dengan keras, sangat menjengkelkan tapi menghormati saya dalam hubungan kerja kami, dan dengan banyak orang lain yang dengannya dia bekerja secara profesional, saya tidak tahu tentang pelanggaran lainnya: saya tidak tahu tentang permukiman keuangannya dengan para aktris dan rekan kerja. Saya tidak tahu tentang pertemuannya di kamar hotel, kamar mandinya, atau tindakan pemaksaan yang tidak pantas lainnya,” ujar Streep.

Seperti diketahui, pada 6 Oktober 2017,  New York Times membongkar kasus dugaan pelecehan yang dilakukan Wenstein terhadap beberapa wanita yang bekerja dengannya. Termasuk Angelina Jolie, Ashley Judd, Cara Delevingne, Gwyneth Paltrow, dan Emma Thompson. (embun)