Tuesday, 25 September 2018

Akibat Pelecehan Seksual

Harvey Weinstein dikeluarkan dari Academy of Motion Pictures

Minggu, 15 Oktober 2017 — 8:57 WIB
Harvey Weinstein.(Getty Image)

Harvey Weinstein.(Getty Image)

AMERIKA SERIKAT  – Harvey Weinstein dikeluarkan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences pada hari Sabtu (14/10/2017), setelah dituduh  melakukan pelecehan seksual atau menyerang sejumlah wanita selama tiga dekade terakhir.

Akademi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 54 anggota dewan gubernurnya “memilih dengan baik melebihi mayoritas dua pertiga suara yang dibutuhkan untuk segera mengusirnya dari Akademi.”

Komentar Pengusiran Harvey Weinstein dari organisasi industri paling bergengsi ini menyusul tuduhan yang dilaporkan oleh The New York Times dan The New Yorker dari sejumlah wanita yang mengalami  pelecehan seksual sejak tahun 1980an, termasuk tiga diantaranya mengatakan bahwa mereka telah diperkosa.

Reuters tidak dapat mengkonfirmasi secara independen tuduhan tersebut. Weinstein (65) telah menolak melakukan hubungan seks tanpa konsensual dengan siapa pun. Bagi Weinstein, yang nama dan studionya sukses dan sejumlah film besutannya sukses mengatakan, pengusiran itu hanyalah dampak terakhir dari kepopuleran namanya yang telah mengguncang industri dan kini dilaporkan karena masalah pelanggaran seksual.

Dalam mengumumkan keputusan untuk menggulingkan Weinstein, akademi tersebut mengatakan bahwa pihaknya juga mengirimkan pesan yang lebih luas. “Kami melakukannya bukan hanya untuk memisahkan diri dari seseorang yang tidak pantas dihormati rekan-rekannya, tapi juga untuk mengirim pesan bahwa era ketidaktahuan dan keterlibatan memalukan dalam perilaku pemangsa seksual dan pelecehan di tempat kerja di industri telah berakhir,” kata akademi tersebut.

“Apa yang menjadi masalah di sini adalah masalah yang sangat menyulitkan yang tidak memiliki tempat di masyarakat kita,” katanya. “Dewan terus bekerja untuk menetapkan standar perilaku etis yang akan diharapkan oleh semua anggota Komite.”

Departemen Kepolisian New York mengatakan pekan ini bahwa pihaknya menyelidiki sebuah tuduhan penyerangan seksual dari tahun 2004 melawan Weinstein

Penuduhnya termasuk aktris Gwyneth Paltrow, yang mengatakan kepada The New York Times bahwa dia dilecehkan secara seksual oleh Weinstein lebih dari 20 tahun yang lalu, dan aktris serta sutradara Angelina Jolie, yang mengatakan bahwa dia “memiliki pengalaman buruk dengan Harvey Weinstein. (Tri)