Tuesday, 23 July 2019

Djarot Absen Serah Terima Jabatan, Anies: Masyarakat Bisa Menilai dengan Dewasa

Senin, 16 Oktober 2017 — 18:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan.(julian)

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan.(julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Anies Rasyid Baswedan enggan memusingkan ketidakhadiran mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, dalam prosesi serahterima memori jabatan. Sedianya Djarot akan menyerahkan secara simbolis memori jabatan gubernur lama ke gubenur baru di Balaikota, usai Anies dilantik menjadi orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Senin (16/10/2017).

“Saya nggak ada pendapat. Saya rasa masyarakat Indonesia sudah bisa menilai dengan dewasa. Kita ingin proses demokrasi berjalan dengan baik,” ujar Anies saat diminta tanggapannya soal rencana ketidakhadiran Djarot, sebelum meninggalkan rumahnya, di Jalan Lebak Bulus Dalam II, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

(Baca: Ini yang Disampaikan Jokowi kepada Anies Baswedan)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu lantas menyampaikan terima kasih untuk Djarot yang sudah mengabdi di Jakarta.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Djarot yang sudah mengabdi di Jakarta, di separuh waktu kemarin. Mudah-mudahan pengabdian beliau dicatat sebagai amal saleh dan isya Allah akan ikut membantu membangun Jakarta,” imbuhnya.

Disinggung apakah ia sudah berkomunikasi dengan Djarot menjelang dilantik menjadi DKI-1, Anies menggelengkan kepalanya sambil berujar, “Tidak ada komunikasi khusus.”

Sebelumnya, salah satu ajudan Djarot, Monang mengungkapkan, Djarot beserta keluarga telah bertolak ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Namun ia tidak memastikan apakah kepergian mantan Gubernur DKI itu untuk berekreasi atau tujuan lainnya. Djarot terbang ke Labuan Bajo sekitar pukul 10:25 siang tadi.

“Iya bapak sudah ke Labuan Bajo,” ujarnya saat dihubungi, Senin (16/10/2017).

Dengan demikian pada prosesi serahterima memori jabatan, Pelaksana Harian Gubernur, Saefullah akan menggantikan Djarot dalam proses tesebut. Diketahui memang tidak ada kewajiban bagi Djarot untuk datang menghadiri proses tersebut.

Anies Baswesan dan Sandiaga Uno dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Setelah pelantikan Anies dan Sandi akan mengikuti prosesi di Balaikota yakni serah terima jabatan memori gubernur. (julian/yp)