Saturday, 17 November 2018

Nobar Anies-Sandi, Warga Penjaringan Gantian Pakai Kamera VR

Senin, 16 Oktober 2017 — 17:15 WIB
Warga dan staf kelurahan penjaringan nobar pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies/Sandi. (ilham)

Warga dan staf kelurahan penjaringan nobar pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies/Sandi. (ilham)

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan warga Penjaringan tertib nonton bareng (nobar) upacara pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, lewat dua unit proyektor dan dua kamera Virtual Reality (VR), Senin (16/10/2017). Mereka nonton di aula Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Warga dan staf kelurahan yang menyaksikan duduk rapi di atas tikar. Mereka khusuk mendengarkan jalannya upacara lewat pengeras suara. “Akhirnya Pak Anies dan Pak Sandi jadi Gubernur juga ya,” ucap salah satu warga yang masih asik nobar bersama rekannya.

Keterbatasan kamera VR membuat warga yang nobar tersebut hanya bisa menggunakannya bergantian. Bagi pemakainya, kamera VR tersebut akan membawa pandangan menjadi 3D seperti menuju lokasi pelantikan di Istana Presiden dan Balai Kota DKI Jakarta.

“Kamera itu realtime menunjukkan kondisi di lokasi pelantikan dan perayaan di Balai Kota,” kata Lurah Penjaringan, Depika Romadi.

Dijelaskannya, peserta nobar juga akan mengadakan doa bersama. Tak hanya mendoakan kepemimpinan DKI Jakarta baru, tapi juga mendoakan para gubernur sebelumnya. “Ya kita mengadakan acara syukuran kecil-kecilan saja sih. Doa bersama untuk semua, agar jakarta lebih baik,” jelasnya.

Usai pelantikan, spontan warga nobar langsung bertepuk tangan sambil berteriak. “Hidup Anies..!,” teriak beberapa warga.

Acara nobar tersebut juga diwarnai dengan makan bersama. Sajiannya adalah hidangan kue dan soto.

Sementara itu, nobar pelantikan Anies-Sandi direncanakan akan berlangsung hingga malam hari ini karena dilanjutkan dengan acara di Balaikota. Acara nobar tersebut diselenggarakan di 32 kelurahan di Jakarta Utara. Namun hanya di tiga kelurahan menggunakan alat VR yakni Kelurahan Penjaringan, Kelurahan Tanjung Priok, dan Kekurahan Marunda. (ilham/yp)