Tuesday, 16 July 2019

Angkot Ngetem Biang Kerok Macet di Cililitan

Selasa, 17 Oktober 2017 — 0:16 WIB
Petugas menindak angkot yang ngetem sembarangan

Petugas menindak angkot yang ngetem sembarangan

JAKARTA (Pos Kota) – Hampir setiap sore menjelang malam, angkutan kota (angkot) Mikrolet 06 jurusan Gandaria-Jatinegara, mangkal di sekitar Pusat Grosir Cililitan (PGC), Kramatjati, Jakarta Timur. Petugasn diminta segera turun tangan untuk mengatasi angkot yang selama ini menjadi penyebab kemacetan.

Keluhan itu seperti yang disampaikan ke Redaksi Pos Kota melalui SMS aspirasi yang berbunyi : Kepada Dishub DKI dan Polantas mohon tindak Mikrolet 06 yang mangkal di jalur kanan di Jalan Dewi Sartika Depan PGC, karena membuat macet khususnya sore hari pada jam pulang kantor. Terima kasih. (089682804xxx)

Terkait hal tersebut, Kasi Ops Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Slamet Dahlan mengatakan, pihaknya sudah kerap kali menindak angkot yang mangkal itu. “Tak terhitung berapa kali kami menindak angkot tersebut, namun si sopir tak pernah jera,” katanya, Senin (16/10).

Ditambahkan Dahlan, penindakan yang selama ini dilakukan beraneka ragam. Mulai dari penilangan, hingga mengandangi mobil, sudah dilakukan Sudin perhubungan Jakarta Timur atas ulah sopir nakal. “Namun hal tersebut tak memberi efek jera bagi sopir yang nakal tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, ngetemnya angkot itu dilakukan sopir ketika petugas sudah tak lagi berjaga. Sehingga, aksi main kucing-kucingan selama ini dilakukan sopir dengan petugas. “Kalau petugas berada dilokasi, tak ada satupun angkot yang berani. Begitu kami tinggal, mereka langsung ngetem dan menjadi penyebab kemacetan,” ungkap Dahlan.

Karena itu, kata Dahlan, pihaknya akan menambah jam tugas anggotanya untuk mencegah para sopir ngetem sembarangan. Langkah itu dinilai bisa mengatasi keluhan warga akan keberadaan angkutan umum di kawasan tersebut. “Kawasan itu juga akan menjadi prioritas kami untuk dilakukan pengawasan oleh petugas,” pungkasnya. (Ifand)