Monday, 19 November 2018

Pemkot Tangerang Gandeng BPPT Atas Macet & Banjir

Rabu, 18 Oktober 2017 — 7:45 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

TANGERANG (Pos Kota)- Pemkot Tangerang menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengatasi ancaman kemacetan, banjir dan juga masalah lingkungan lainnya. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku sangat menyambut baik adanya kerjasama tersebut.

“Teman-teman dari Dinas PUPR membangun kerjasama dengan BPPT karena memang di sana banyak teknologi yang bisa kita aplikasikan dalam kebutuhan pembangunan kota Tangerang,” ujar Arief.

Sebab sambungnya, Kota Tangerang saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, namun dalam perjalananya dihadapkan pada berbagai persoalan seperti kemacetan, banjir dan juga masalah lingkungan lainnya.

Kerjasama itu telah dituangkan dalam MoU atau Nota Kesepahaman antara Pemkot yang diwakili langsung oleh Walikota Arief R. Wismansyah, dengan BPPT yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Teknologi SDA, Professor Wimpie Agoeng Noegroho Aspar, PhD.

Menurut Kepala Dinas PUPR dan SDA Kota Tangerang, Nana Trisyana, dalam waktu dekat akan dilaksanakan adalah terkait penggunaan teknologi penelitian struktur tanah dengan Geolistrik. “Untuk mendapatkan profil lapisan tanah dasar (sub bottom profile) yang sangat membantu dalam proses investigasi tanah pada pembangunan jembatan.”

Selain itu, Nana juga menyampaikan bahwa kedepan pihaknya juga sedang menjajaki untuk menerapkan teknologi peringatan dini banjir yang sudah dikembangkan oleh BPPT. “Termasuk juga teknologi pembangunan tanggul,” jelas Nana.

Sedangkan Prof Wimpie menyampaikan, MoU ini baru merupakan langkah awal.Selanjutnya nanti akan diadakan tindak lanjut yang sifatnya lebih tehnis.”Ini merupakan suatu langkah awal nanti secara lebih detilnya akan ada beberapa PKS-PKS (Perjanjian Kerja Sama),” tuturnya.

(awang/sir)