Saturday, 22 September 2018

Sandi Minta Pelaku UMKM Siapkan Diri Sambut Asian Games 2017

Rabu, 18 Oktober 2017 — 14:54 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno.(yendhi)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno.(yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) РWakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan para pelaku UMKM agar menyiapkan diri menyambut Asian Games 2018. Pesta olahraga yang akan dihadiri ratusan ribu atlet dan turis dari berbagai negara ini sangat berpotensi  untuk memasarkan aneka produk jasa dan barang.

“Pada Asian Games tersebut, Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah, bersama kota Palembang. Para pelaku UMKM harus bisa jeli membaca potensi pasar,” kata Sandi di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (18/10).

Menurutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberi pembekalan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Nanti kita akan ajari pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produksi. Sebab untuk memasarkan produk kepada tamu asing harus benar-benar berkualitas,” ujar Sandi yang berlatar belakang pengusaha multinasional. “Pelaku kuliner harus bisa menyajikan makanan dan minuman yang higienis, lezat, dan dikemas yang menarik,” tambahnya.

Menurutnya, hajatan Asian Games yang akan diikuti puluhan ribu atlet dari 45 negara, selama di Jakarta akan membelanjakan uangnya untuk beli pangan, cindera mata, rekreasi, dan lainnya. “Bagi pelaku kuliner, cindera mata, kaos, dan lainnya, harus mulai berbenah,” imbau Sandi.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Irwandi menambahkan pihaknya nanti menyiapkan booth di setiap venue olahraga.

“Masing-masing venue akan disediakan¬† 40 sampai 50 booth yang akan diisi oleh UMKM binaan. Rencananya, pekan depan, kami akan mengumpulkan ratusan pelaku UMKM untuk menyongsong Asian Games. Intinya, nanti para UMKM binaan kami akan berpartisipasi dalam kegiatan akbar tersebut,” kata Irwandi. (Joko/tri)