Saturday, 25 November 2017

OKE OCE

Kamis, 19 Oktober 2017 — 7:02 WIB

Oleh H. Harmoko

GUBERNUR baru dengan harapan baru. Abaikan polemik yang tidak penting. Jangan gunakan energi untuk hal-hal yang tidak produktif. Arahkan energi untuk membangun kota Jakarta agar semakin oke.

Pesan itu, agaknya, tidaķ hanya untuk Gubernur DKI yang baru beserta pasangannya, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, tetapi juga bagi seluruh warga Jakarta, tak terķecuali pekerja politik, pengamat, dan entah siapa lagi. Kegaduhan demi kegaduhan telah banyak memberi pelajaran: tidak ada manfaatnya bagi rakyat.

Kita sekarang tinggal menunggu apa-apa yang pernah dijanjikan oleh pasangan Anies-Sandi saat berkampanye. Banyaķ persoalan harus ditangani, banyak tuntutan minta dipenuhi. Tidak ada masalah baru di Jakarta. Dari tahun ke tahun masalahnya ya itu-itu saja.

Persoalannya, bagaimana gubernur baru dan pasangannya bisa memegang komitmennya? Di tengah kondisi perekonomian seperti belakangan ini, dengan tak harus menomorsekiankan masalah-masalah lain, pelaksanaan program OKE OCE sepertinya sangat ditunggu oleh masyarakat Jakarta.

Program itu singkatan dari One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship, untuk mencetak 200.000 pengusaha. Dengan program ini, pengusaha kelas menengah dan bawah diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru di Jakarta.

Sebagaimana kerap dikemukakan oleh Anies-Sandi, OK OCE merupakan program keberpihakan kepada pengusaha kelas bawah, UMKM, dan untuk mencetak pengusaha baru.

Ada lima hal yang menjadi fokus: (1) pemberian modal dan pendampingan usaha; (2) pemberian pelatihan oleh pengusaha sukses, yaitu pembangunan SDM melalui pendampingan; (3) pemberian garansi inovasi bekerjasama dengan swasta; (4 pemberian peluang langsung kerja kepada lulusan SMK, (5) pemberian kredit usaha khusus untuk ibu-ibu.

Memperhatikan kesejahteraan banyak orang, ini tentu akan sangat membantu peningkatan kualitas hidup masyarakat. Tinggal bagaimana pelaksanaannya, agar semuanya berjaĺan dengan baik, oke di sana dan oke di sini.

Kita ucapkan kepada gubernur dan wagub baru: selamat menjalankan tugas untuk membuat Jakarta semaķin oke. (*)