Thursday, 23 November 2017

Taat Aturan, Strobo di Mobil Pribadi Anies Sudah Dilepas

Jumat, 20 Oktober 2017 — 13:53 WIB
Strobo di mobil pribadi Anies sudah dicopot.(ikbal)

Strobo di mobil pribadi Anies sudah dicopot.(ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) РGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mencopot lampu strobo pada mobil pribadi  yang digunakan sehari-hari.

Sebelumnya, di Toyota Innova hitam bernomor polisi B 2507 BKU hingga Kamis (20/10/2017) masih terpasang empat lampu strobo dari LED yang menempel di bagian depan mobil.

Anies mengatakan pencopotan tersebut sebagai bentuk ketaatan terhadap aturan yang diterapakan. Sebelumnya, Anies mengaku tidak mengetahui adanya lampu strobo di mobilnya.

“Sebetulnya saya malah gak terlalu tahu ya, tapi kita akan taat aturan. Pokoknya kita taat aturan. Yang kayak gitu gampang,” katanya di Balaikota Jakarta, Jumat (30/10/2017).

Saat ini pihak kepolisian tengah melakukan razia terhadap kendaraan umum yang dilengkapi dengan lampu strobo. Berdasar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 59 menyebutkan bahwa ada berbagai macam lampu strobo yang dibedakan dari warna yang digunakan. Berikut isi UU tersebut;

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/ atau sirene.

(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna: a. merah, b. biru dan c. kuning.

(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.

(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatan kepada Pengguna Jalan lain.

(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

a. lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia,

b. Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, dan jenazah.(Tri)