Sunday, 23 September 2018

Dikeluhkan Warga Lokasi Pembuangan Sampah Ditutup

Minggu, 22 Oktober 2017 — 6:18 WIB
Lurah Warakas bersama Petugas PPSU sedang membersihkan LPS yang ditutup. (Wandi)

Lurah Warakas bersama Petugas PPSU sedang membersihkan LPS yang ditutup. (Wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Dikeluhkan warga, lima Lokasi Pembuangan Sampah (LPS) Liar di wilayah Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, telah ditutup.

Sejak tahun 2015 lalu  sudah lima LPS  di daerah tersebut  ditutup karena sampahnya sering berserakan di jalanan dan menimbulkan bau kurang sedap,

Lurah Warakas Sri Suhartini menuturkan, keberadaan LPS liar itu dikeluhkan warga. Kelima LPS liar yang telah ditutup itu yakni, tahun 2015 dua lokasi ditutup yakni di Jalan Warakas VI Gang 14, Jalan Warakas VI Gang 15. Tahun 2016 ada 2 lokasi yang di tutup yakni di RW 08 dan 10. Serta tahun 2017 ada satu lokasi di Jalan Warakas VI Gang 21.

“Untuk lokasi pembuangan sampah pasca ditutup pembuangan sampah di Jalan Warakas VI Gang 21 di pindahkan ke Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara,”kata Sri, Sabtu (21/10).

Menurutnya, pasca-penutupan pihaknya hingga saat ini masih dipabtau dan menempatkan sejumlah anggota PPSU. Ini dilakukan dengan tujuan kedepan tidak lagi di jadikan tempat sampah kembali.

Lurah juga menambahkan, pihaknya rutin menugaskan Satpol PP untuk melaksanakan patroli serta memasang plang larangan membuang sampah sekaligus melaksanakan penanaman pohon.

“Penutupan LPS liar kami lakukan untuk menegakkan Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Selain itu juga demi memberikan kenyamanan pada masyarakat,” ungkapnya.

Amrizal, 45, g warga mengaku sangat bersyukur LPS di wilayahnya ditutup. Menurutnya, selama ini hampir setiap hari terjadi penumpukan sampah.

“Akibatnya selain sampah berceceran ke mana-mana juga sering menimbulkan bau kurang sedap. Makanya dengan adanya penutupan ini saya sangat mendukung,”ungkap Amrizal. (Wandi)