Tuesday, 18 September 2018

Mendagri Kasih Harapan 13 Parpol Tak Lolos Sipol

Minggu, 22 Oktober 2017 — 23:40 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo

JAKARTA (Pos Kota) –Masih ada harapan bagi 13 Partai Politik yang berkas adminstrasinya ditolak Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tahapan administrasi Sipol tersebut belum final.

“Ya masih mungkin (lolos), kan belum final,” kata Tjahjo usai menghadiri acara peringatan Hari Santri pada 22 Oktober ini di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (22/10).

Tjahjo mengaku telah bertemu Ketua KPU Arief Budiman dan ada penjelasan bahwa parpol-parpol yang belum lengkap berkas administrasinya, itu bisa mengadu ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). Nantinya Bawaslu akan melayangkan rekomendasi ke KPU untuk jadi pertimbangan.

“Saya sudah ketemu dengan Ketua KPU. Partai-partai yang belum lengkap adminstrasinya itu bisa menyampaikan kepada Bawaslu, dari rekomendasi Bawaslu yang dikirim ke KPU itulah, KPU kemudian akan mempertimbangkannya,” papar dia.

Sebanyak 13 parpol diumumkan tidak bisa melanjutkan tahapan pendaftaran Pemilu 2019. Partai-partai tersebut tidak bisa menjalani proses penelitian administrasi karena tak memenuhi syarat pendaftaran awal. Dari 13 Parpol itu adalah Partai Indonesia Kerja (Pika), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bhinneka Indonesia, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Islam Damai dan Aman (Idaman), PNI Marhaenisme, Partai Pemersatu Bangsa (PPB), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Rakyat, Partai Reformasi, Partai Republik, Partai Republikan, Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo).(us)