Wednesday, 21 November 2018

Pemkot Tangerang Siapkan Petugas Cegah Banjir

Minggu, 22 Oktober 2017 — 16:30 WIB
Alat berat terus bekerja  mengantisipasi banjir di Kota Tangerang. (Awang)

Alat berat terus bekerja mengantisipasi banjir di Kota Tangerang. (Awang)

TANGERANG (Pos Kota)- Pemkot Tangerang terus berbenah untuk mengantisipasi ancaman bencana banjir dalam musim penghujan kali ini.Ratusan hingga seribuan petugas lapangan disiapkan dan dibekali peralatan ringan hingga berat sudah bekerja sejak sebelum memasuki musim hujan.

“Petugas lapangan itu sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan, termasuk alat berat seperti amfibi, eksavator, serta perahu,”ucap Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Kota Tangerang, Taufik Syahzaeni, saat dihubungi, Minggu (22/10).

Ditambahkan, sementara ini, ketiga alat berat seperti amfibi, eksavator dan perahu masing-masing tiga unit. Diharapkan, kesiapan ini akan sangat membantu meminimalisasi akibat buruk bila terjadi bencana banjir.

Sementara ini katanya, telah disiapkan sebanyak 400 petugas gabungan antara Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan. Mereka sudah mulai bekerja seperti membersihkan beberapa saluran air secara rutin setiap hari. Juga membantu mengatasi genangan atau banjir di suatu lokasi melalui proses pengerukan maupun pembuatan tanggul sementara.Jumlah personel itu akan diperbanyak hingga jumlahnya mencapai 1.000 orang.

Selain pesonel dari Bidang Sumber Drainase, dan Sumber Daya Air, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepolisian, TNI, Tagana dan unsur relawan juga dilibatkan.”Kami sudah siapkan semua personelagar selalu waspada. Kami juga mengimbau kepada warga untuk mengantisipasi setiap potensi bencana yang ada,” ucapnya.

Ditambahkan pula, berbagai upaya lain terkait penanganan banjir di Kota Tangerang berupa normalisasi tandon air yang dilengkapi dengan sistem inlet dan outlet pintu air serta pompa banjir dilakukan.

“Pompa skala besar dengan kapasitas 500 liter/detik disediakan Pemkot untuk melengkapi yang skala kecil mau pun mobile dalam mengatasi banjir di pemukiman.”

Menurut Taufk, pompa banjir ini akan difungsikan untuk mengendalikan permukaan air dalam embung.”Selain itu juga untuk mengosongkan embung – embung ketika persiapan musim hujan sehingga kapasitas hidrolis embung dapat terjaga,”katanya.Pintu-pintu air yang ada di KotaTangerang, sebanyak 215 unit juga disiagakan,” terangnya.

(awang/sir)