Saturday, 20 October 2018

Polres Jakarta Tangkap 37 Pencuri Kendaraan Bermotor

Selasa, 31 Oktober 2017 — 18:14 WIB
Tersangka pencuri dan barang bukti yang disita

Tersangka pencuri dan barang bukti yang disita

JAKARTA (Pos Kota) – Jajaran Polres Jakarta Utara mengamankan 46 kendaraan dari 37 pelaku sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dari jumlah kendaraan tersebut, 5 diantaranya berbagai macam mobil yang sudah dimodifikasi oleh pelaku.

“Kendaraan bermotor ini merupakan barang bukti hasil tindakan penangkapan anggota kami terhadap kasus street crime, maupun modus curas, curat, dan penggelapan selama Oktober 2017,” kata Kapolres Jakarta Utara, Kombes Dwiyono, Selasa (31/10).

Dalam menjalankan aksinya kawanan curanmor ini menggunakan bermacam modus, mulai menyewa mobil rental, menuduh menabrak saudaranya, muncuri hingga merampok korbannya.

Mereka yang ditangkap beberapa diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas lantaran melawan. Selain itu ada juga yang ditangkap massa lantaran kepergok mencuri sepeda motor. Dari kawanan ini polisi menyita berbagai macam barang bukti seperti puluhan kunci leter T dan L, clurit, identitas palsu hingga seragam TNI.

Salah satu pelaku bermodus mengaku-ngaku sebagai aparat gadungan dengan seragam loreng hijau. Para pelaku curanmor itu biasa mengincar kendaraan pada malam hari dengan melakukan pemantauan sebelumnya. Berbekal seragam TNI yang dibeli ia melakukan aksi pencurian.

Selain itu, ada juga Ibu rumah tangga bernama Melly 43 mengaku dirinya dijebak oleh kawannya yang mengadaikan mobil rental yang ia sewa.

“Teman saya itu yang melakukan penggelapan cuman yang menyewa mobil atas nama saya. Rupanya dia sengaja menggadaikan mobil itu ke Tambun Bekasi karena punya hutang Rp 15 juta dengan rentenir,” kata wanita yang biasa mengurus operasional angkutan di pelabuhan Tanjung Priok.

Pada kesempatan itu, Dwiyono juga menyerahkan secara simbolis 2 mobil dan sepeda motor kepada pemiliknya langsung. Oara pemilik kendaraan tersebut langsung mengucapkan terimakasih kepada polisi lantaran sudah menemukan kensaraannya yang hilang.

Kapolres meminta kepada masyarakat yang merasa kehilangan kendaraannya bisa mendatangi Polres Jakarta Utara atau Polsek untuk mengecek langsung dengan membawa kelengkapan suratnya dan tidak dipungut biaya alias gratis.(ilham/b)