Sunday, 18 November 2018

Dua Penculik Bocah Warga Negara Korea Selatan Digiring ke Polda Metro

Kamis, 2 November 2017 — 1:43 WIB
Dua penculik Warga Negara Korea Selatan dibawa ke Polda Metro. (dok)

Dua penculik Warga Negara Korea Selatan dibawa ke Polda Metro. (dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Usai dibekuk di salah satu apartemen di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, dua terduga penculik bocah asal Korea Selatan langsung digiring ke Polda Metro Jaya, Rabu, (1/11/2017) malam.

Dari pantauan poskotanews.com, dua pelaku dibawa oleh tim dari Sub Direktorat Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada pukul 23.50 WIB yang dipimpin langsung oleh Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan.

Dengan tangan diborgol kedua pelaku langsung dibawa menuju ruang pemeriksaan untuk dimintai keterangan.

“Pelaku dua orang adalah Baik Jongwoon (41) dan Sea Songwon (38), keduanya masih saudara,” kata Hendy di Mapolda Metro Jaya, Kamis, (2/11/2017) dini hari.

(Baca: Polda Metro Tangkap Penculik Dua WN Korea Selatan)

 

Sementara korban adalah KH 10 tahun. Sedangkan tiga bocah lagi merupakan anak Baik Songwoon yang dijadikan umpan oleh pelaku untuk menculik korban. “Anak nya ini dibuat mancing korban agar tidak curiga saat dibawa pergi,” kata Hendy.

Baik anak pelaku dan korban serta pelaku dan orangtua korban sebenarnya saling mengenal. Kepada orangtua korban pelaku berdalih ingin mengajak anaknya untuk liburan.

Namun, belakangan pelaku usai membawa kabur KH langsung menghubungi orangtua korban dengan meminta sejumlah uang sebagai tebusan agar anaknya selamat. “Penjelasan kepolisian korea orangtua mendapat ancaman sehingga mentransfer sejumlah uang,” tutur Hendy.

Atas ancaman tersebut orangtua korban langsung mentransfer uang sebanyak Rp1,8 miliar yang dikirim dalam dua tahap. “Semua total kalau dirupiahkan Rp1,8 miliar,” pungkas Hendy. (Yendhi/b)