Thursday, 23 November 2017

Kasad: Peserta Ton Tangkas Adalah Prajurit Sejati

Jumat, 3 November 2017 — 15:35 WIB
Kasad  Jenderal TNI Mulyono saat menyematkan penghargaan pada prajurit TNI AD

Kasad Jenderal TNI Mulyono saat menyematkan penghargaan pada prajurit TNI AD

BANDUNG (Pos Kota) – “Semangat yang kalian tunjukkan pagi ini, memberikan kebanggaan bagi saya sekaligus optimisme bahwa kalian adalah prajurit-prajurit TNI AD sejati yang berdisiplin tinggi, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima”.

Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono pada pembukaan Lomba Peleton Tangkas periode II TA 2017, bertempat di Lapangan Yudha Wastu Pramuka, Pusdikif Kodiklat TNI AD, Cipatat, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017).

Menurut Kasad penyelenggaraan Lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode II TA 2017 memiliki tujuan dan sasaran untuk mengetahui keberhasilan pembinaan latihan Satpur dan Satbanpur, sebagai salah satu aspek pembinaan satuan (Binsat), sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi Pimpinan TNI AD dalam menentukan kebijakan Binsat kedepan.

Adapun tema yang diusung pada Lomba Peleton Tangkas TNI AD kali ini yaitu, “Melalui Lomba Peleton Tangkas, Kita Tingkatkan Kualitas Pembinaan Satuan TNI AD.”

“Melalui Lomba Peleton Tangkas ini, para prajurit diharapkan dapat mencapai kemampuan standar yang telah ditetapkan, sehingga profesionalisme prajurit semakin nyata terwujud, untuk membangun pribadi prajurit TNI AD yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima,” tegas Jenderal TNI Mulyono.

Dijelaskan Kasad bahwa berbeda dengan Lomba Peleton Tangkas periode sebelumnya yang pesertanya berasal dari satuan-satuan Raider, pada periode II kali ini TNI AD tidak mengkhususkan satuan-satuan tertentu sebagai peserta, namun diacak melalui undian.

“Komposisi satuan pada Lomba Peleton Tangkas periode II TA 2017 ini cukup bervariasi, meliputi 1 satuan Yonif Para Raider, 5 satuan Yonif Raider, 4 Yonif Reguler, 4 satuan Armed, 2 satuan Zeni dan 1 satuan Kavaleri,” tutur Kasad.

Selain itu, pada periode ini, materi Peraturan Militer Dasar (Permildas) diganti dengan materi Halang Rintang. “Halang Rintang perlu dilombakan, karena dalam pertempuran sesungguhnya selain dihadapkan pada kemampuan musuh, juga harus menaklukkan iklim, cuaca, medan dan segala bentuk rintangan,” tandas Jenderal bintang empat ini.

Kepada seluruh peserta lomba, Kasad berpesan agar melaksanakan lomba ini dengan penuh semangat, pantang menyerah, menjunjung tinggi kejujuran, sportifitas, solidaritas dan soliditas dalam meraih prestasi. “Jaga nama baik satuan dan raihlah prestasi terbaik dengan cara yang terhormat,” tegasnya.

Lomba Peleton Tangkas Periode II Tahun 2017 ini, diselenggarakan selama 12 hari mulai tanggal 3 sampai dengan 14 November 2017, dan diikuti oleh 15 Kodam dan 2 Divisi Infanteri Kostrad.

(rizal/sir)