Saturday, 22 September 2018

Pajak Alexis Rp 30 Miliar, Anies Singgung Soal Halal

Jumat, 3 November 2017 — 17:21 WIB
Hotel Alexis.(reuters)

Hotel Alexis.(reuters)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan besaran pajak dari usaha sebagai pemasukan daerah tidak menjadi bahan pertimbangan dirinya menentukan kebijakan. Hal ini terkait dengan potensi hilangnya pemasukan daerah dari pajak Hotel Alexis sebesar Rp30 miliar per tahun.

Anies menyatakan Pemprov DKI Jakarta melaksanakan kebijakan berdasarkan peraturan daerah (perda). Jika melanggar meski memiliki andil dalam pemasukan keuangan daerah, Anies menyatakan akan tetap menindak. Anies juga sempat menyinggung kehalalan uang pajak Hotel Alexis.

” (Halal itu) Semua pemasukan yang sesuai dengan peraturan. Kalau itu kegiatan melanggar aturan maka itu harus ditindak dan dengan sendirinya uangnya kita tidak terima,” katanya di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (3/12/2017).

Disebutkan Anies, pemasukan daerah dari Hotel Alexis kecil dibanding dengan keuangan Pemprov DKI Jakarta secara keseluruhan. Karenanya mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku tidak khawatir dengan hilangnya pemasukan pasca penutupan Alexis.

“Karena dilihat nilainya juga gak besar kok dengan pemasukan di Jakarta secara keseluruhan,” tandasnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan pemasukan Hotel Alexis dari sektor pajak diterima bukan pada masa pemerintahannya.

“Saya pernah baca dan bukan di pemerintahan kita Alexis perbulan Rp2,5 miliar,” ungkap Sandi. (ikbal)