Thursday, 19 September 2019

Dua Gol Paco Alcacer Menangkan Barcelona 2-1 Atas Sevilla

Minggu, 5 November 2017 — 5:13 WIB
Paco Alcacer mengoceh kiper Sevilla dan mencetak gol (reuters)

Paco Alcacer mengoceh kiper Sevilla dan mencetak gol (reuters)

SPANYOL – Tidak mudah bagi Barcelona meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Sevilla dalam lanjutan Liga Champions di Camp Nou, Minggu (5/11/2017) dinihari WIB.

Bukan Lionel Messi dan Luis Suarez yang jadi penentu kemenangan Barcelona tetapu Paco Alcacer dengan dua golnya pada menit ke-23 dan 65. Sedangkan gol balasan Sevilla dicetak oleh Pizarro menit ke-59.

Meski hanya menang tipis, namun Barca hingga laga ke-11 di La Liga belum pernah kalah dan berhak di posisi puncak klasemen sementara dengan nilai 31 dari 10 kali menang seri satu kali.

Sementara bagi Sevilla kekalahan ini membuat mereka masih tertahan di posisi kelima dengan nilai 19. Namun mereka bisa digusur Villarreal bila Senin dinihari besok misa mengalahkan tamunya Malaga.

Laga Barcelona versus Sevilla berlangsung ketat. Kedua tim memperagakan permainan terbuka dan terjadi jual beli serangan.

Memang seperti biasa Barcelona lebih banyak menguasai pertandingan terlebih sebagai tuan rumah. Menit keempat Messi sudah memiliki peluang emas setelah mendapat umpan terobosan dari Ivan Rakitic. Namun sepakan dengan kaki kirinya mampu diselamatkan oleh pemain bekalang Sevilla dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Barca terus mencari peluang namun sering kali usaha mereka mentok di bagian pertahanan Sevilla. Akhirnya kebuntuan mampu dipecahkan oleh Barcelona pada menit ke-23. Menerima umpan terobosan, Paco Alcacar yang berlari dari sisi kanan mampu menjebol gawang Sevilla.

Gol itu membuat Barca kian nyaman memainkan bola dari kaki ke kaki. Hanya saja Messi yang dikawal ketat kali ini tidak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya babak pertama berakhir 1-0 untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Sevilla berusaha lepas dari tekanan. Lewat serangan balik mereka melakukan serangan mematikan. Pada menit ke-58, Luis Muriel melepaskan umpan terobosan kepada Pablo Sarabia namun dia gagal mencetak gol karena langsung dihalau Nelson Semedo yang akhirnya menghasilkan tendangan penjuru.

Sepakan pojok lalu diambil oleh Éver Banega dengan menendang bola melambung ke kotak penalti dan Guido Pizarro menanduk bola tersebut yang tidak mampu dijangkau oleh kiper Blaugrana Ter Stegen.

Kedudukan 1-1 membuat Sevilla kian percaya diri. Mereka terus menekan pertahanan Barca. Tampak Suarez harus ikut membantu pertahanan tuan rumah.

Namun justru Barca yang mampu mencetak gol dan kembali unggul pada menit ke-65. Awalnya Rakitic melepas umpan dari sisi kiri pertahanan Sevilla. Paco Alcácer yang menerima umpan tersebebut langsung menceploskan bola dengan tembakan dengan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat ke sudut kanan bawah gawang Sevilla.

Setelah mencetak gol keduanya , semenit kemudian Paco Alcacer ditarik keluar dan digantikan oleh Paco Alcácer.

Unggul 2-1 tidak membuat Barca menurunkan tekananan. Mereka terus mengurung Sevilla. Seperti pada menit ke-72 Messi yang dikawal ketat melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari kotak 16 namun mampu diselamatkan oleh kiper.

Barca di menit-menit akhir sempat kalang kabut dengan serangan Sevilla. Bahkan Messi harus menerima kartu kuning karena melanggar pemain Sevilla.

Sebetulnya tuan rumah juga banyak mencetak peluang termasuk saat detik-detik terakhir laga. Namun usaha mereka sia-sia karena penyelesaian akhir yang kurang sempurna. Kedudukan akhir 2-1 hingga wasit meniup pluit panjang. (B)