Monday, 19 November 2018

Sandi: Rumah DP Nol Persen Masih Dibahas

Senin, 6 November 2017 — 9:05 WIB
Wakil Gubernur Sandiaga Uno

Wakil Gubernur Sandiaga Uno

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan kebijakan terkait program rumah DP 0 persen masih tertutup. Sandi mengaku akan mengumumkan kebijakan program unggulannya itu saat sudah selesai pembahasannya.

Saat ini, menurut Sandi, rumah DP (down payment) nol persen masih terus dalam pembahasan

” Untuk rumah DP sekarang lagi digodok. Itu yang menjadi sesuatu yang sangat ditunggu warga. Kita akan rilis begitu kebijakannya selesai dan kebijakannya sudah bisa diumumkan tanpa menimbulkan spekulasi,” katanya di Balaikota DKI, Senin (6/10/2017).

Meski demikian Sandi mengatakan lahan untuk membangun pemukiman warga tersebut sudah dikantongi. Politisi Partai Gerindra itu menjelaskan rumah dengan DP/uang muka nol persen akan dibangun secara berlapis layaknya rumah susun. Tapi berbwsa dengan rumah susun, kata Sandi, rumah dengan sistem berlapis ini akan dibangun tidak lebih dari delapan lantai.

“Lahannya sudah teridentifikasi, tapi kita belum bisa rilis. Yang kalau misalnya dari swasta yang sudah diberikan ke kita, hampir 80 persen ke atas rumah susun yang tinggi ke atas. Kalau yang untuk penataan banyaknya rumah yang intensitasnya rendah, di bawah 8 lantai,” terang Sandi.

Salah satu program unggulan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno selama masa kampanye menyediakan rumah tanpa yang muka atau DP 0 persen. Untuk mewujudkannya program tersebut, Pemprov DKI Jakarta sudah menganggarkan dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2018.
(ikbal/sir)