Monday, 24 September 2018

Comeback dengan Formasi Tak Lengkap, Super Junior Tetap Dinanti Penggemar

Selasa, 7 November 2017 — 10:57 WIB
Super Junior. (ist)

Super Junior. (ist)

KOREA SELATAN – Setelah vakum selama dua tahun, Super Junior akhirnya merilis karya terbarunya. Album bertajuk ‘Play’ menjadi penanda kembalinya grup yang digawangi Heechul, Euhnyuk, Sindong, Leetuk, Donghae, Siwon, Kyuhyun, Raewook, Kangin , Sungmin dan Yesung.

Album ini juga sebagai bentuk perayaan 12 kiprah Super Junior alias SuJu di industri Kpop. Penggemar mereka yang biasa disapa ‘ELF’ sangat antusias dan memang sudah tak sabar menunggu karya idola mereka tersebut.

Single berjudul ‘Black Suit’ menjadi lagu utama album teranyar SuJu, dan kurang dari 20 jam, video klipnya sudah ditonton lebih dari 2,2 juta kali.

Sayangnya, pada comeback kali ini Super Junior harus tampil dengan formasi tidak lengkap. Seperti diketahui, Kyuhyun dan Raewook sedang menjalani wajib militer. Sedangkan Kangin dan Sungmin dengan alasan pribadi tidak bisa ambil bagian, dan Siwon pun tidak bisa ikut dalam promosi.

Super Junior debut secara resmi di program musik Inkigayo’ SBS’ pada November 2005, menampilkan singel pertama mereka”Twins (Knock Out)”. Sebuah digital singel yang terdiri dari “Twins (Knock Out)”, “You Are the One”, tiga lagu tambahan dirilis secara online pada 8 November 2005, diikuti perilisan album debut mereka, Twins pada 6 Desember 2005. Album tersebut terjual 28.536 kopi di bulan pertama dirilis dan berada di posisi ketiga monthly chart bulan Desember 2005.

SuJu merupakan salah satu grup idol yang dihormati karena eksistensinya dan karyanya yang selalu berhasil mencetak sukses. Grup bentukan SM Entertainment ini memiliki penjualan album terbaik selama empat tahun berturut-turut. Super Junior juga telah meraih enam belas dari Golden Disk Awards, tiga belas penghargaan musik dari Mnet Asian Music Awards, menjadi grup kedua yang memenangkan Artis Korea Terfavorit di MTV Asia Awards 2008 setelah jtL tahun 2003.  Tahun 2012, mereka masuk nominasi “Best Asian Act” di MTV Europe Music Awards. Dan pada tahun 2015, mereka memenangkan “International Artist” dan “Best Fandom” di Teen Choice Awards. (embun)