Thursday, 23 November 2017

Usai Akad Nikah & Resepsi di Solo, Bobby Bawa Kahiyang ke Medan Minta Izin Raja Batak

Selasa, 7 November 2017 — 13:17 WIB
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mengenakan ulos. (instagram)

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mengenakan ulos. (instagram)

JAKARTA – Usai acara akad nikah dan resepsi adat Jawa di Solo, Rabu (8/11/2017), pihak keluarga besar Bobby Afif Nasution, akan menggelar acara adat Batak Mandailing pada 21 November 2017 di Kota Medan, Sumatera Utara, tempat kediaman orangtua Bobby.

Menurut Erwan Nasution, Paman Bobby, acara tersebut digelar dengan upacara adat Mandailing, Tapanuli Selatan, yang ditandai dengan pemberian marga kepada Kahiyang, putri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selanjutnya pada 24 November 2017, akan dilanjutkan dengan acara meminta izin kepada Raja-raja Batak untuk menabuh gordang sembilan.

Marga yang akan diberikan kepada Kahiyang adalah marga Siregar. Kenapa marga Siregar? Karena ibunya Bobby adalah boru Siregar.

Upacara adat itu akan dilangsungkan pada 24-25 November, sementara acara resepsi untuk umum dilaksanakan pada 26 November. Menurut rencana, acara resepsi ini akan menampilkan hiburan berupa tari Mandailing (Tapsel) dan tari Jawa.

(Baca: Mantu, Jokowi: Undang Masyarakat Solo, Pedagang Pasar, PKL, RT/RW)

 

Menurut Erwan, nanti Bobby Nasution akan mendapat gelar Sutan Kumala Abdul Rahman. Sementara Kahiyang akan mendapat gelar Namora, yang berarti orang kaya. “Gelar lengkap Kahiyang masih dirahasiakan, tapi sudah kami persiapkan. Yang jelas nama depannya namora,” ujar Erman sebagaimana dikutip dari laman tribunnews.com

Sebelum acara adat pada Jumat, 24 November 2017, akan ada acara pemotongan hewan kerbau besar, sebagai syarat untuk meminta izin kepada raja-raja untuk menabuh gordang sembilan.
Bobby Afif Nasution, ternyata memiliki garis keturunan darah biru atau dari kalangan bangsawan masyarakat adat Batak. Karena silsilah itu, maka Kahiyang Ayu, nanti akan mengikuti serangkaian adat Batak dari pihak pengantin pria.

Berdasar silsilah (garis keturunan), Bobby adalah raja generasi ke-7 Keturunan Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan. Fakta ini terungkap setelah adanya pembahasan tarombo atau disebut garis keturunan (silsilah) oleh sejumlah perwakilan marga Nasution.

Moga acara akad nikah dan resepsi Bobby Afif Nasution Bin Erwin Nasution dengan Kahiyang Ayu, di Solo maupun di Medan, Sumatera Utara, berjalan lancar dan mendapat ridho Allah SWT.

(*/sir)