Thursday, 23 November 2017

Gordang Sembilan Iringi Prosesi Adat Kahiyang-Bobby

Kamis, 9 November 2017 — 18:22 WIB
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mengenakan ulos. (instagram)

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mengenakan ulos. (instagram)

MEDAN (Pos Kota)- Tidak lama lagi acara prosesi adat Tapanuli Selatan pada pesta perkawinan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution akan digelar di Medan, tepatnya di kediaman keluarga Bobby di Komplek Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah.

“Kalau tak ada halangan acara adat puncaknya digelar 24 November mendatang,”kata Kamaluddin Harahap, penanggungjawab perlengkapan pesta adat tersebut.

Disebutkan Harahap, dalam acara adat nantinya akan diiringi alat musik tradisional Mandailing yaitu gordang sembilan dan gondang tunggu-tunggu dua. Gordang sembilan itu digunakan untuk penyambutan mempelai dan undangan. Sementara gondang tunggu-tunggu dua digunakan untuk acara marnortor.

persiapanadat

Kamaluddin Harahap memperlihatkan sejumlah peralatan untuk pesta adat Kahiyang-Bobby Nasution

“Gordang Sambilan untuk penyambutan mempelai dan tamu. Sedangkan gondang tunggu-tunggu dua untuk mengiringi acara marnortor,”ungkap Harahap kepada Pos Kota di kediamannya, Kamis (9/11).

(Baca: Ini Persiapan ‘Ngundhuh Mantu’ Kahiyang-Bobby di Medan)

Sebagai penanggung jawab atas perlengkapan pesta adat ini, masih kata Harahap, pihaknya telah mempersiapkan peralatan semaksimal mungkin.

Namun, seminggu sebelum acara, akan digelar pertemuan sidang adat. Dalam acara ini akan diundang panusunan bulung (raja-raja adat) Tapanuli Selatan.

“Tujuan pertemuan itu untuk memusyawarakan acara adat tersebut. Lalu, disyahkan Kahiyang, putri Presiden Jokowi menjadi marga Siregar seperti marga ibunda Bobby Nasution. Selanjutnya, kedua mempelai diulosi,’ucapnya.

Dipaparkan Harahap, sejumlah agenda dalam acara adat di Medan akan diikuti Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pada tanggal 18 atau 19 November ini penyambutan mempelai di rumah keluarga Bobby. Kemudian 21 November akan digelar acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu di rumah Doli Sinomba Siregar, yang merupakan paman si Bobby. Dalam acara adat ini akan dilakukan penyembelihan kerbau.
“Acara puncaknya pada 24 November. Di acara ini juga dilakukan penyembelihan kerbau. Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution akan menemui raja-raja untuk menggenapi adat Batak Mandailing. Kemudian resepsi umum pada 26 November,”papar Harahap.

Bobby merupakan seorang raja generasi ketujuh keturunan Raja Gunung Baringin Nasution dari Tapanuli Selatan. Hal ini terungkap setelah adanya pembahasan Tarombo atau disebut garis keturunan (silsilah) sejumlah perwakilan dari marga Nasution.

Bobby Nasution akan mendapat gelar Sutan Kumala Abdul Rahman, sedangkan Kahiyang mendapat gelar Namora (orang kaya) atau nama depan Kahiyang yakni Namora. (samosir)