Saturday, 25 November 2017

Listrik Rumahan di Los, Tak Ada Lagi 900 VA, 1300 Va dan 2.200 VA

Jumat, 10 November 2017 — 21:30 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar (ist)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar (ist)

JAKARTA (Pos Kota) –Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menghapus tingkatan daya listrik di bawah golongan 4.400 Volt Ampere (VA). Selama ini daya listrik di bawah 4.400 VA, ada 900 VA, 1.300 VA dan 2.200 VA.

Dengan penghapusan itu nantinya pelanggan rumah tangga hanya ada satu golongan saja. Tujuan penghapusan golongan tersebut menurut Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar agar masyarakat bisa menikmati listrik dengan daya yang lebih besar.

Dengan begitu, masyarakat dipastikan listriknya tidak akan turun akibat daya listriknya kurang. “Misalnya listriknya mati tiba-tiba karena sedang setrika, atau AC nya nyala,” ucap dia di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (10/11/2017).
Dikatakan, penghapusan tingkatan daya ini tidak menghilangkan subsidi bagi pengguna listrik rumah tangga 900 VA. “Untuk yang subsidi, tidak berubah, harga per KwH-nya tetap sama,” sebutnya.

Febby Tumiwa, Pengamat Energi dari Institute for Essential Services Reform (IESR) mengatakan, penghapusan tingkatan daya ini sebagai upaya penyederhanaan administrasi pelanggan. Begitu juga dengan penghitungan tarif.

“Dengan begitu masyarakat bisa menggunakan listrik secara bebas dan banyak. Masyarakat juga perlu hati-hati dalam menggunakan listrik kalau tidak mau boros,” ujarnya.(us)