Saturday, 25 November 2017

Sudah Lama Tidak Diangkut

Waduh ! TPS Pasar Kemiri Muka Jadi Lautan Sampah

Senin, 13 November 2017 — 14:32 WIB
Lautan sampah di TPS Pasar Kemiri Muka.(anton)

Lautan sampah di TPS Pasar Kemiri Muka.(anton)

DEPOK (Pos Kota) – Waduh… Bau busuk tercium hingga radius puluhan meter akibat lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di sekitar Pasar Kemiri Muka layaknya lautan sampah.

Sejak beberapa bulan terakhir,  sampah buangan pedagang sama sekali tidak pernah diangkut petugas kebersihan. Warga sekitar kawasan Beji Timur khawatir menjadi penyebar bibit penyakit.

“Duh… Kok sampah dibiarkan bertumpuk dan berceceran di sekitar TPS Pasar Kemiri Muka tanpa ada upaya untuk mengangkut ke TPA Cipayung atau lainnya sejak beberapa bulan belakangan ini,” keluh Ny. Heryani, warga Kel. Beji Timur, Beji, Senin (13/11).

Hamparan sampah seperti lautan tersebut mencapai luas sekitar 200 meter lebih dengan ketinggian 50 Cm hingga 1,5 mete. Tidak hanya menyebar bau busuk saja,  tapi lalat-lalat juga berterbangan yang dikhawatirkan menjadi penyebar bibit penyakit.

Lebih parah lagi saat habis hujan,  bau busuk semakin menyengat dan air limbah resapan sampah yang menyebar di badan jalan lingkungan Pasar Kemiri Muka, Beji membuat becek dan basah badan jalan telah yang sudah dibetonisasi maupun aspal.

“Kasihan calon pembeli dan pedagang maupun pemilik kios yang berada tak jauh dari lokasi TPS tersebut,” tuturnya.

Hal serupa juga dikatakan, Ny. Imeh, pedagang pisan. “Kami juga ngak paham masalah pengangkutan sampah buangan di TPS pasar ini . Padahal  setiap minggu maupun bulan tetap bayar uang kebersihan kepada petugas pasar,” katanya yang berharap Pemkot Depok tidak lepas tangan dalam masalah hamparan sampah buangan dalam upaya menjaga kebersihan.

Diakuinya, sejak adanya ‘ngonjang-nganjing’ bahwa keberadaan lahan Pasar Kemiri Muka bermasalah dan dimiliki salah satu pengembang dari hasil gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) berkaitan sengketa lahan dengan Kab. Bogor beberapa waktu lalu,  Jajaran Pemkot Depok memang menarik semua kegiatan yang berkaitan penangganan di Pasar Kemiri Muka,  baik masalah retribusi keamanan, kebersihan dan lainnya. (anton/Tri)