Thursday, 23 November 2017

Ikuti Jejak Buffon, De Rossi Tinggalkan Italia

Selasa, 14 November 2017 — 16:03 WIB
Pemain Italia  Leonardo Bonucci, Gianluigi Buffon dan Daniele De Rossi usai pertandingan melawan Swedia.(reuters)

Pemain Italia Leonardo Bonucci, Gianluigi Buffon dan Daniele De Rossi usai pertandingan melawan Swedia.(reuters)

ITALIA – Italia gagal melangkah ke final Piala Dunia 2018 di Rusia. Setelah kiper Gianluigi Buffon menyatakan mundur, Daniele De Rossi pun memilih gantung sepantu.

De Rossi menilai kegagalan itu menyakitkan. “Ini momen yang gelap untuk sepak bola kami. Sangat gelap, sejak dua tahun ini. akan ada waktu untuk mengevaluasi,” ujarnya dilaporkan Football Italia. “Satu-satunya yang bisa saya katakan adalah menyiapkan semangat pemain muda.”

Ia juga merasa belum yakin Italia hanya akan menjadi penonton pada perhelatan akbar sepak bola dunia itu. “Kami harus memulai lagi, seperti saat kami mengalami saat menyedihkan lainnya. Saya tak percaya kami tersingkir. Tapi swedia pantas mendapat pujian atas penampilannya.”

Saat seperti ini, sambungnya, adalah waktu yang tepat untuk regenerasi. “Generasi penerus harus siap dan kami harus memulai lagi melalui mereka,” katanya.

Menurutnya, kegagalan itu terasa menyakitkan karena untuk pertama kali sejak 60 tahun lalu tak ikut dalam ajang besar. “Saya sudah berkeliling di sekitar markas Coverciano (markas timnas Italia) dan juga di seluruh dunia dengan menggunakan kaos ini selama lebih dari satu dekade. jadi untuk melepas terakhir kali, ada perasaan aneh,” katanya. (yp)