Thursday, 23 November 2017

Penyederhanaan Golongan Listrik, Tambah Daya Gratis

Selasa, 14 November 2017 — 21:14 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) –Informasi tentang penyederhanaan golongan listrik rumah tangga non-subsidi banyak yang menyalah artikan. Padahal dengan penyederhanaan itu pelanggan listrik dengan golongan listrik 1.300 VA, 2.200 VA, serta 3.300 VA, akan dinaikkan menjadi 4.400 VA tanpa biaya.

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir menegaskan penyederhanaan golongan tersebut tidak akan berpengaruh pada tarif listrik. Pelanggan juga bisa memilih tidak menaikkan, karena semua tidak ada pemaksaan, semua atas permintaan pelanggan sendiri.

“Lagi pula ini tidak akan berpengaruh ke tarif. Bebannya tetap, harganya pun tidak berubah, itu juga kalau mau, semua sesuai dengan penggunaan. Kalau sekarang listrik pasang dua pendingin tidak bisa nanti jadi bisa tetapi dengan tarif sesuai pemakaian,” ujar Sofyan.

Intinya, lanjut dia, keinginan penyederhanaan ini berasal dari pelanggan yang ingin menambah daya listrik tanpa harus membayar biaya tambahan. “Kita ingin pelanggan itu kalau mau nambah daya, tidak sulit dari 1.300 VA, 1.900 VA, tambah lagi 2.200 VA, tambah lagi 3.300 VA kan semua nambah uang. Menurut kami, ya sudah sekalian saja dari 1.200 VA itu sekalian saja sampai 4.400 VA, tidak usah ada biaya,” jelasnya.

Mantan dirut BRI ini pun menambahkan PLN juga merencanakan agar biaya tambah daya tidak lagi dibebankan kepada masyarakat. “Jadi tidak ada biaya kenaikan,” kata Sofyan.(us)