Thursday, 23 November 2017

Tolak Panggilan, Novanto Ngaku Tiru KPK

Selasa, 14 November 2017 — 21:34 WIB
Setya Novanto.

Setya Novanto.

JAKARTA (Pos Kota) –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak dipanggil Pansus angket DPR karena menunggu hasil uji materi yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kini Ketua DPR Setya Novanto pun beralasan sama, dia tidak akan memenuhi panggilan KPK karena beralasan sedang mengajukan uji materi terhadap UU KPK ke MK.

“Daripada kita ribut lalu debat kusir, lebih baik saya uji di MK. Biar MK yang akan memberikan pertimbangan atau putusan. Sehingga, kita kembalikan apa yang dilakukan KPK terhadap Pansus,” ujar kuasa hukum Setya Novanto Fredrich Yunadi, Senin (13/11).

Menurutnya, KPK juga melakukan uji materi terhadap wewenang Pansus untuk memanggilnya. KPK selalu mengabaikan panggilan Pansus dengan alasan menunggu putusan MK. Setelah diputuskan MK, KPK baru akan menentukan sikap memenuhi panggilan Pansus atau tidak.

“Kami juga sekarang mengatakan, klien kami menunggu putusan MK untuk menentukan sikap. Apakah beliau bisa ditabrak atau dikesampingkan hak imunitasnya menurut UUD, atau dinyatakan wewenang KPK bisa mengesampingkan UU,” jelasnya.

Fredrich berharap agar semua pihak menghormati proses hukum yang akan berjalan di MK. Dalam pengajuan permohonan uji materi atas nama kliennya itu, Fredrich menjelaskan, pihaknya menunjukkan 12 set bukti kepada pihak MK. Ia juga sudah meminta agar segera disidangkan. “Masyarakat nanti akan bingung (kalau menggantung) sebenarnya yang benar siapa,” katanya.(us)