Saturday, 25 November 2017

Kenalkan Teknologi Bertanam, Warga Kelompok Tani Dapat Rak Hidroponik

Rabu, 15 November 2017 — 15:07 WIB
Dinas KPKP DKI Jakarta membagikan puluhan sarana dan bibit tanaman untuk urban farming. (deny)

Dinas KPKP DKI Jakarta membagikan puluhan sarana dan bibit tanaman untuk urban farming. (deny)

JAKARTA (Pos Kota) – Puluhan sarana urban farming atau pertanian kota diberikan Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta kepada sejumlah kelompok tani, pengelola RPTRA, pihak sekolah serta penghuni rusun dan juga instansi pemerintah, Rabu (15/11/2017).

Pemberian tersebut, dilakukan guna memperkenalkan aneka teknologi dan juga meningkatkan pertanian kepada warga atau pelaku urban farming di Jakarta. “Di era digital ini, kita ingin mengenalkan kepada warga high teknologi dalam bercocok tanam,” ucap Kabid Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Diah Meidiantie.

Dikatakan Diah, sejumlah sarana urban farming yang diberikan antara lain 44 unit rak hidroponik, 70 unit rak multikultur, 22 unit rak vertiminaponik serta berbagai bibit tanam dan benih ikan lele. “Tidak cuma itu, kita juga memberikan pelatihan bercocok tanam dengan cara hidroponik kepada warga atau pihak instansi penerima sarana ini,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Diah, bahwa kegiatan tersebut juga merupakan program dari Dinas KPKP DKI Jakarta di Tahun 2017 atas usulan warga di tahun sebelumnya dengan total anggaran sekitar Rp2 Miliar lebih. “Sebenarnya kegiatan ini merupakan program lanjutan gang hijau dari tahun-tahun sebelumnya juga,” jelasnya.

Dengan dibagikannya sejumlah sarana dan bibit tanaman kepada warga dan pelaku urban farming tersebut, Diah pun berharap pemanfaatan lahan terbatas di Jakarta dengan cara bercocok tanam dapat lebih maksimal. “Nanti kita pantau juga perkembangan di lapangan seperti apa, karena kan ada pengawasannya juga dari teman-teman wilayah,” ungkapnya.

(deny/sir)