Thursday, 23 November 2017

Keren, Tangerang Ada Kampung Berkelir

Rabu, 15 November 2017 — 2:14 WIB
Salah satu sudut Kampung Berkelir di Tangerang (awang)

Salah satu sudut Kampung Berkelir di Tangerang (awang)

TANGERANG (Pos Kota) – Bila kota Malang telah memiliki kampung warna-warni dan kampung 3D yang terletak di Jodipan. Pemkot Tangerang tak mau kalah. Malah, Tangerang kini bersiap-siap menggenjot destinasi wisata Kampung Berkelir agar ngetop ke seantero Indonesia dan mancangera.

Kampung Berkelir membawa nuansa baru di kota berjuluk Seribu Industri dan Sejuta Jasa ini. Lokasinya berada di lingkungan RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Sebelumnya, kawasan ini merupakan kawasan padat, yang berdekatan dengan aliran Kali Cisadane.

Adanya Kampung Bekelir merupakan ide original masyarakat setempat. Tujuannya untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya atau ciri khas Kota Tangerang.Warga sekitar bersama para seniman dari nusantara hingga dunia turut terlibat dalam proses pembuatan Kampung Bekelir. Bahkan dalam pembangunannya tak mengeluarkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sepeser pun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rina Hernaningsih mengatakan, pihaknya akan mendorong Kampung Bekelir ini sebagai destinasi wisata dunia. Bahkan, keberadaannya mulai dikunjungi turis manca negara. Terlebih jaraknya tak jauh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

GRAND LAUNCHING

“Kami akan dukung sepenuhnya. Akan diresmikan pada akhir pekan ini,” ujar Rina usai menggelar rapat membahas Grand Launching Kampung Bekelir di Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang bersama intansi terkait,Selasa (14/11).

Dijelaskan, pihaknya mengusung Culinary Day dalam acara tersebut. Prosesi peresmian dijadwalkan Minggu (19/11) di Kampung Bekelir. .”Nantinya juga ada Car Free Day dan berbagai jenis hiburan,” ucapnya.

Mengusung tema kampung berkelir, bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya atau ciri khas Kota Tangerang, melalui gambar tiga dimensi, mural, dan grafiti. Diharapkan bisa menjadikan kampung Babakan sebagai destinasi wisata baru di Kota Tangerang.

“Konsepnya yaitu dengan cara melukis dinding yang bertemakan kearifan lokal di Kota Tangerang,” kata Communication Manager Project Kampung Bekelir, Andika Panduwinata.

Beberapa nilai seni, budaya, dan ikon Tangerang dapat tergambar begitu indah di Kampung Bekelir tersebut. Para seniman bukan hanya sekadar melukis biasa saja, tapi juga memperkenalkan kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya masyarakat di Kota Tangerang.

“Sehingga kearifan lokal ini bisa diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui lukisan di tembok-tembok itu,” ujarnya seraya menambahkan, ada 300 rumah warga dan ratusan meter pagar tembok yang ada di Kampung Babakan dilukis seniman s yang berasal dari Jogjakarta, Bandung, Cilacap, Semarang bahkan Filipina.

Pelukis-pelukis itu membuat lukisan tiga dimensi dengan menggambar beberapa kesenian atau ikon yang menjadi ciri khas Tangerang. Seperti Lenggang Cisadane, Gambang Kromong, Cokek, Laksa, Mesjid Al Azhom dan lainnya. (awang/bu/st)