Thursday, 23 November 2017

Puting Beliung Terjang Pulau Kelapa, Satu Rumah Roboh dan Lainnya Rusak

Rabu, 15 November 2017 — 11:11 WIB
Rumah warga Pulau Kelapa  yang rusak diterjang angin puting beliung .(wandi)

Rumah warga Pulau Kelapa yang rusak diterjang angin puting beliung .(wandi)

PULAU SERIBU (Pos Kota) – Angin puting Beliung menerjang Pulau Kelapa 2, Kepulauan Seribu Utara, pada Selasa (14/11/2017) malam.

Meski tidak sampai menelan korban jiwa maupun luka, namun akibat musibah tersebut merobohkan rumah dan memporak-porandakan puluhan rumah lainnya serta menumbangkan puluhan pohon.

Dadang, warga RT 03/05 Kelurahan Pulau Kelapa yang rumahnya roboh dihantam angin puting beliung mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00.

Saat itu dirinya bersama Istri dan anak nya sedang didalam rumah tidur-tiduran karena waktu itu sedang hujan deras disertai petir dan angin besar.

“Saat kami sedang tidur-tiduran rumah bergoyang seperti diayun-ayun dan pintu rumah terbuka sendiri. Melihat kondisi ini saya langsung mengajak istri dan anak keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan tak lama rumah saya roboh dihantam angin puting beliau,”kata Dadang.

Sementara itu Lurah Pulau Kelapa Fadli, mengakui di wilayahnya terjadi angin puting beliung. Menurutnya peristiwa itu melanda pemukiman padat ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

“Saat itu wilayah kami sedang hujan deras disertai petir dan angin kencang. Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa maupun luka, namun mengakibatkan satu rumah warga roboh dan 20 rumah lainya rusak parah serta puluhan pohon tumbang,”kata Fadli, Rabu (15/11)

Saat ini kata Lurah, warga dibantu oleh petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) bergotong royong membersihkan puing-puing rumah warga yang terkena angin puting beliung.

Menurutnya angin awalnya berhembus dari arah Barat Daya yang cukup kencang ke pemukiman warga. Angin seperti berputar kemudian menerjang rumah warga dan menyapu genteng atau asbes hingga berterbangan dan menimpa rumah lainnya.

“Data sementara rumah warga yang rusak akibat terkena puting beliung diantaranya milik bapak Otip, Robi, Ading, Ani, Sahanan, Rihana, Samian, Engriya, Jasman, Maun, Rohmat, Sobri, Darman, Diman, Mahmud dan Saprudin. Rumah-rumah tersebut mengalami kerusakan di bagian atap. Sedangkan rumah milik Dadang dinding dan atap rumahnya roboh,” katanya. (Wandi/tri)