Thursday, 23 November 2017

Seluruh RPTRA di Jaktim Ditargetkan Gelar Seni – Budaya

Rabu, 15 November 2017 — 7:18 WIB
Tebet, Jaksel. (Rachmi)

Tebet, Jaksel. (Rachmi)

JAKARTA (Pos Kota) – Menggiatkan seni budaya Indonesia, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur, terus menggencarkan kegiatan kesenian dan budaya. Nantinya, semua Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Rumah susun (rusun) akan disiapkan pembinaan tersebut.

Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur, Iwan Henry Wardhana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan bakat seni budaya dan mendorong kreativitas di kalangan anak dan remaja serta masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya pergelaran ini dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan generasi muda serta meningkatkan aktivitas seluruh warga dalam berkesenian,” katanya, Selasa (14/11).

Menurut Iwan, langkah yang dilakukan pihaknya sebagai pembinaan unjuk kreasi seni budaya, yang sudah dilakukan selama enam bulan belakangan ini. Dimana nantinya mereka bisa menampilkan hasil dari yang mereka dapatkan dari para pelatih tari. “Selain seni tari dan seni lukis, ke depannya nanti para anak-anak, remaja akan dilatih seni theater juga,” ungkap kasudin.

Iwan mengatakan, pembinaan seni budaya di RPTRA dan Rusun ini dapat menjadi aspek keselarasan pendidikan kesenian. Karena nantinya, diharapkan bisa menjadi sarana untuk membantu anak menjadi pribadi yang mandiri.

“Anak akan memiliki rasa peka dalam membentuk karakteristik pribadi sehingga menjadi manusia yang berbudi luhur dan kreatif,” tuturnya.

Sejauh ini, kata Iwan, pihaknya sudah menjalankan kegiatan tersebut di 10 RPTRA. Dimana sebelumnya, acara tersebut sudah digelar di RPTRA Gedong Trikora, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo. “Targetnya, seluruh RPTRA dan rusun yang ada di Jakarta Timur akan digelar kegiatan ini,” pungkasnya. (Ifand/win)