Wednesday, 13 December 2017

Pengoperasian Kereta Api Bandara Menunggu Kepastian

Kamis, 16 November 2017 — 19:35 WIB
Proyek pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Jakarta,

Proyek pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Jakarta,

JAKARTA (Pos Kota) – Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta rencananya akan segera beroperasi dengan melayani penumpang mulai dari Stasiun Manggarai. Namun, kepastian kapan beroperasi hingga kini  Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkereta Apian belum mengetahui.

Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Joice,menyatakan saat ini tengah dilakukan kajian besaran tarif kereta bandara dengan  menyesuaikan kemampuan daya beli masyarakat.

Joice, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/11) menyebutkan KA Bandara Soetta akan melewati lima stasiun, yakni dimulai dari Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun Stasiun Sudirman Baru nantinya terhubung ke Stasiun Sudirman dengan adanya fasilitas pejalan kaki Stasiun Sudirman Baru akan berfungsi sebagai area interchange (integrasi moda transportasi publik) yang menghubungkan masyarakat dengan keseluruhan kawasan Dukuh Atas mencakup Stasiun Sudirman (KRL), bus TransJakarta, MRT dan LRT.

Kereta bandara akan berangkat tiap 30 menit dan hanya perlu waktu sekitar 50 menit untuk mencapai bandara dari Stasiun Manggarai.

Para calon penumpang yang berasal dari wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Serpong dan Bekasi dapat dengan mudah mencapai Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan KRL ke Stasiun Sudirman yang terintegrasi dengan Stasiun Sudirman Baru.

Sedangkan bagi calon penumpang yang tidak menggunakan KRL, baik menggunakan bus TransJakarta, bus dalam kota, taksi atau kendaraan pribadi, dapat berpindah di Stasiun Sudirman Baru untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan KA menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. (dwi/win)