Monday, 21 January 2019

Bertemu Petinggi Militer, Presiden Mugabe Tetap Ogah Mundur

Jumat, 17 November 2017 — 13:39 WIB
Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (reuters)

Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (reuters)

Zimbabwe – Meskipun pertemuan dengan pihak militer sudah dilakukan, namun Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, bersikeras menolak untuk mundur dari jabatannya.

“Mereka sudah melakukan pertemuan dan dia (Mugabe) menolak untuk mundur. Saya kira Mugabe mencoba mengulur waktu,” ujar seorang sumber dari pihak militer yang menolak disebutkan namanya, seperti dilansir AFP, Jumat (17/11/2017).

Pertemuan antara Mugebe dan petinggi-petinggi militer berlangsung di kediaman negara di Harare, Kamis (16/11/2017). Televisi pemerintah memperlihatkan Mugabe berdiri bersama dengan salah satu Jenderal, yaitu Constantino Chiwenga.

Mantan Perdana Menteri Zimbabwe, Morgan Tsvangirai, juga ikut mendesak agar Mugabe segera mundur demi kepentingan rakyat. “Sebuah mekanisme transisi diperlukan untuk menjaga stabilitas,” tutur Tsvangirai.

Mugabe diminta mundur setelah kesehatannya diketahui memburuk karena usia lanjut.

Meskipun Mugabe menolak untuk mundur, namun perhatian tertuju kepada figur yang bisa memegang peranan di pemerintahan transisi.

Diketahui, perebutan kekuasaan sudah terjadi antara istri Mugabe yakni, Grace dan mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa. (embun)