Saturday, 20 January 2018

KPK Tahan Novanto, Pengacara: Dasarnya Apa?

Jumat, 17 November 2017 — 21:37 WIB
Fredrich yunadi pengacara Setya Novanto

Fredrich yunadi pengacara Setya Novanto

JAKARTA (Pos Kota) –Pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bermain-main dengan hukum. Ia tidak terima kliennya ditahan dan kini dibantarkan dalam perawatan di RSCM.

“Ditahan dasarnya apa? Undang-undangnya apa yang menyatakan bisa ditahan? Orang sakit diperiksa saja nggak bisa, apalagi ditahan. Jangan mempermainkan hukum begitu,” kata Fredrich, Jumat (17/11).

Pernyataan Frederich itu diungkapkan setelah KPK mengumumkan penahanan disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. “Undang-undang yang mana menyatakan KPK punya wewenang menahan orang dalam keadaan sakit dan belum pernah diperiksa?” ujar Fredrich lagi.

Penahanan Setya Novanto yang sekaligus dibantarkan itu dilakukan pasca kecelakaan pada kamis (16/11) malam yang dialami Ketua DPR tersebut. KPK sendiri sudah mengeluarkan surat penahanan terhadap Novanto.

Kalau tidak sakit Novanto akan ditahan di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK. Surat perintah penahanan itu ditunjukkan langsung ke pihak Novanto. Mulai Jumat (17/11) perawatan Novanto yang semula di RS Permata Hijau dipindahkan ke RSCM. (julian/us)