Monday, 22 October 2018

Sebelum ke RSCM, Pengacara: KPK Paksa Tahan Novanto

Jumat, 17 November 2017 — 14:36 WIB
Setya Novanto dibawa ke RSCM. (toga)

Setya Novanto dibawa ke RSCM. (toga)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebelum Setya Novanto dirujuk dari RS Medika Permata Hijau ke RSCM, sempat terjadi perdebatan antara keluarga dengan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kuasa hukum Novanto, Fredrich Junadi, mengatakan perdebatan terjadi karena penyidik KPK menyatakan kliennya berstatus tahanan dengan membawa surat keterangan penahanan.

“Tadi ada peristiwa yang kurang mengenakan terjadi antara KPK, keluarga dengan saya. Karena tadi tiba-tiba KPK yang dalam hal ini diwakili timnya dengan inisial D, mengeluarkan surat mengatakan bahwa Pak SN telah ditahan,” tutur Fredrich di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Barat, Jumat (17/11/2017).

(Baca: Tak Cuma Jalani Pemeriksaan, KPK Ingin Novanto Dirawat di RSCM)

 

Selain menyatakan kliennya sebagai tahanan, menurut Fredrich, KPK juga menyebut Novanto berada dalam kewenangan KPK. Fredrich kemudian memprotes sikap KPK yang dinilai tidak sesuai undang-undang itu.

Menurutnya, kliennya tidak pernah dmintai keterangan sebelumnya. Ia juga menilai langkah KPK tersebut tidak sesuai dengan UU No 8 Tahun 1981 tentang hukum acara pidana.

(Baca: Jokowi Minta Setnov Ikuti Proses Hukum)

“Jadi statusnya KPK mau mengaku dalam penahanan UU mana yang memberikan wewenang KPK itu bisa nangkap, periksa juga belum nangkap juga belum. Tapi mengeluarkan surat. Jadi seperti ini surat daripada malaikat,” tandasnya.

Terkait surat tersebut, Fredrich mengaku tidak melihat secara rinci. Fredrich menyebut setidanya terdapat 10 penyidik saat penyerahan surat penahanan dari KPK.

(Baca: Setya Novanto Tiba di RSCM)

 

“Saya tidak tahu suratnya apa, belum baca. Kita nggak mau mengakui kewenangan di sana. Kalau KPK mengakui silahkan. Kan KPK selalu mengakui semuanya,” pungkas Fredrich.

KPK menetapkan Ketua DPR RI yang juga ketua Umum Partaai Golkar itu sebgai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Novanto sudah dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan namun mangkir. Saat didatangi ke rumahnya pun petugas KPK tak bisa menemuinya. (yp)