Wednesday, 21 November 2018

Begini Kesiapan Petugas Damkar Antisipasi Bencana

Sabtu, 18 November 2017 — 15:34 WIB
damkar

 

JAKARTA (Pos Kota) – Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) DKI Jakarta  siap menangani dampak bencana banjir, apabila Jakarta kembali terendam.

Hal ini dikatakan oleh Elik Cantona, salah satu petugas Damkar di Unit Pemadam Makasar Halim, Jakarta Timur.  Menurutnya, persiapan sudah 100 persen.

“Kita dari pemadam sudah siap 100% apabila banjir kembali terjadi. Setiap unit sudah siap alat dan anggota menangani banjir,” jelas Elik yang ditemui setelah Apel Besar Kesiapsiagaan Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017, dipimpin Gubernur DKI Anies Baswedan, di Lapangan Silang Monas Selatan, Sabtu pagi (18/11/2017).

Elik mengaku siap menjalankan amanat Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. “Amanatnya tadi minta kita siaga unitnya, lalu galang bantuan dan kesadaran masyarakat, terakhir siap selalu setiap saat khususnya saat terjadi bencana,” ujarnya.

Unit Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dibagi menjadi sejumlah Posko. Setiap Posko telah menyiapkan lima perahu karet dan dua unit siap siaga di setiap poskonya.

“Selain alat dan dua unit siap siaga, kita juga sudah koordinasi sama beberapa instansi Pemprov juga. Kaya kelurahan, kecamatan, Dinas Lingkungan Hidup, PPSU juga,”  jelas Elik. (m01/win)