Wednesday, 13 December 2017

MALINGERING

Senin, 20 November 2017 — 6:20 WIB

Oleh H. Harmoko

MALINGERING, apa itu? Ini istilah dalam ilmu psikologi. Pada KBBI, malingering diberi makna rasa sakit yang dibuat-buat untuk tujuan, keuntungan, atau kepuasan pribadi; muslihat sakit.

Dari mana asal kata itu? Coba buka Etymology Dictionary versi daring! Di sana ada lema malinger dengan keterangan bahwa kata ini muncul dari idiom Prancis sejak 1820, yang berarti pura-pura menderita sakit.

Disebutkan juga, bentuk kata itu diduga berasal dari gabungan kata mingre (sengsara, menderita) dan malade (sakit); mungkin juga dari bahasa Jerman, kemudian berevolusi yang muncul dari ide pengemis yang berpura-pura menderita luka.

Seorang profesor bidang psikiatri, David Bienenfeld, menyebutkan bahwa malingering ada hubungannya dengan gangguan kepribadian antisosial. Orang-orang yang memiliki kepribadian antisosial cenderung memunculkan perilaku malingering dalam kesehariannya.

Dalam literasi kedokteran kita bisa membaca adanya empat tipe pasien: (1) mereka yang memerlukan perhatian dan/atau bantuan medis; (2) mereka yang berpikir bahwa dirinya memerlukan perhatian dan/atau bantuan medis; (3) mereka sengaja melakukan malingering; dan (4) mereka yang secara terbuka menyatakan bahwa dirinya ingin mendapatkan dispensasi dari kerja menggunakan surat keterangan dokter.

Bagaimana dengan kasus Ketua DPR Setya Novanto? Spekulasi menyeruak di tengah masyarakat bahwa Setnov sengaja berpura-pura sakit ketika ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Oktober lalu. Begitu dinyatakan menang pada sidang praperadilan, dia langsung sembuh dan menjalankan tugas sebagai Ketua DPR lagi.

Itu yang pertama. Yang kedua, ketika KPK menetapkan kembali dirinya sebagai tersangka, tiba-tiba mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Setnov pun harus dirawat di rumah sakit. Banyak orang menduga bahwa kecelakaan itu tak lebih sebagai rekayasa. Apa begitu?

Melakukan malingeringkah, Setnov? Kepastian tentang ini, tentu, bergantung pada hasil pemeriksaan dokter. Sambil menunggu kepastian, sebagian orang mendoakan agar Setnov tidak melakukan malingering. Mudah-mudahan saja. ( * )