Wednesday, 19 September 2018

Setelah Diperbolehkan Anies, Ribuan Massa Akan Gelar Reuni Alumni 212 di Monas

Selasa, 21 November 2017 — 19:44 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis. (yendhi)

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis. (yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) – Ribuan orang dari organisasi masyarakat (ormas) Islam akan menggelar acara Reuni Akbar Alumni 212 di lapangan silang Monumen Nasional (Monas), Sabtu, 2 Desember 2017.

Acara tersebut selain memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW juga untuk memperkuat tali mempersatuan umat Islam di Indonesia. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan yakni subuh berjamaah, dzikir, tausiah, konsolidasi, dan doa untuk negeri.

Menanggapi hal itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Idahm Azis mengaku telah menerima surat pemberitahuan acara tersebut. Dengan begitu, pihaknya siap melakukan pengamanan agar acara bisa berjalan dengan lancar.

“Saya bersama Pangdam telah menyiapkan pengamanan untuk tanggal 2 Desember tersebut. Saya menyiapkan kurang lebih 25 ribu pasukan,” kata Idham di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (21/11/2017).

Ribuan personel tersebut adalah gabungan dari Brimob, satuan Shabara Polda Metro Jaya, dan TNI. Termasuk melibatkan Anggota Brimob Nusantara.

Meski begitu, matan Kadiv Propam Polri itu belum bisa membeberkan jumlah massa yang akan ikut acara tersebut hingga saat ini masih didata.

“Sudah ada pemberitahuan, masih update terus kita belum bisa prediksi (jumlah massa), yang jelas Polda Metro dan kami dibackup Kodam dan Mabes Polri kami siap mengamankan kegiatan itu,” pungkasnya.

Meski demikian Irjen Idham Azis menghimbau sebaiknya massa melaksanakan kegiatannya di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

“Mereka merencanakan akan melaksanakan milad dan Maulid Raya di sekitaran Monas, kita menghimbau komponen masyarakat yang akan melaksanakan milad ini untuk melaksanakannya di dalam Masjid Istiqlal supaya aman terkendali, temen-temen Polri-TNI juga siap mengamankan dengan baik,” kata Idham di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (21/11/2017).

Namun, Idham juga tidak bisa melarang massa jika tetap akan melaksanakan di Monas dan pihaknya tetap siap mengamankan.

“Namun kalau memang mereka tetap melaksakan di sekitaran Monas ya tentu sebagai aparat kamtibmas saya bersama pangdam telah menyiapkan pengamanan untuk tgl 2 Desember tersebut,” pungkas Idham. (Yendhi)