Wednesday, 21 November 2018

Pemerintah Arab Saudi Siapkan Sekolah Mengemudi Khusus Wanita

Jumat, 24 November 2017 — 12:27 WIB
Wanita Arab Saudi mengemudikan sendiri mobilnya. (reuters)

Wanita Arab Saudi mengemudikan sendiri mobilnya. (reuters)

ARAB SAUDI – Pemerintah Arab Saudi mulai Juni 2018, akan membebaskan wanita untuk mengemudi sendiri. Bukan hanya itu, sekolah mengemudi khusus juga disiapkan bagi mereka yang hendak berkendara sendiri.

Hal tersebut diungkap Direktur Jenderal Departemen Lalu Lintas, Brigadir Jenderal Mohammed Abdullah Al-Bassami. “Kami telah mengadakan sejumlah pertemuan untuk mengorganisir dan menyiapkan sekolah mengemudi untuk menerima siswa perempuan,” kata Al-Bassami seperti dilansir Arab News.

Selain itu, untuk meminimalisir angka kecelakaan lalulintas, kinerja para petugas lalu lintas di lapangan akan ditingkatkan. Para petugas lalu lintas akan menggunakan radar mobile untuk memantau kecepatan kendaraan dan pengguna yang menelpon sambil menyetir serta tidak menggunakan sabuk pengaman, dan mengkaji ulang soal besaran denda.

Mayor Jenderal Bassam Al-Attiyah dari Kementerian Dalam Negeri mengatakan, mayoritas kecelakaan yaitu sekitar 70 persen terjadi di luar perkotaan. Dengan gambaran, satu kecelakaan terjadi setiap menit, satu kecelakaan fatal hingga menyebabkan kematian setiap dua puluh menit dan empat orang luka setiap jamnya.

Seperti diketahui, Raja Salman memutuskan untuk membolehkan perempuan mengemudi pada September 2017. Hal ini langsung mendapat sambutan potitif, terutama para wanita Arab yang selama ini merasa terkukung oleh peraturan yanga da. (embun)