Sunday, 17 December 2017

Komisi I DPR Tunggu Usulan Calon Panglima dari Presiden

Senin, 27 November 2017 — 23:03 WIB
Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari (timyadi_

Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari (timyadi_

JAKARTA (Pos Kota) –Komisi I DPR sampai saat ini belum membahas mengenai pergantian Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Komisi I baru akan membahas setelah ada usulan calon dari Presiden Joko Widodo.

“Kami Komisi I posisinya belum membahas apapun tentang pergantian panglima. Posisi kami masih menunggu usulan yang dikirim presiden,” ujar Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari, Senin (27/11/2017).

Menurut Kharis, jika nanti usulan calon Panglima TNI sudah dikirim ke Komisi I, sebelum dibahas akan dibacakan pada rapat paripurna. Setelah itu Komisi I baru akan membahas sebelum dilakukan uji kelayakan dan kepatuhan terhadap calon. “Setelah itu Komisi I akan memberi pertimbangan,” jelasnya.

Terkait calon yang tepat menjadi Panglima TNI, sepenuhnya terserah kepada Presiden Joko Widodo. Bahkan kalaupun Jenderal Gatot Nurmantyo diperpanjang Presiden mempunyai hak prerogatif.

“Itu prerogatif presiden. Jadi kalau presiden nyatakan diperpanjang prerogatifnya. Begitu juga kalau diganti. Kita di Komisi I menunggu saja,” tandasnya.(us)