Monday, 22 October 2018

Ahmad Dhani Ditetapkan Sebagai Tersangka Ujaran Kebencian

Selasa, 28 November 2017 — 12:40 WIB
Ahmad Dhani  (yendi)

Ahmad Dhani (yendi)

JAKARTA (Pos Kota) – Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan, menetapkan musisi kondang Ahmad Dhani sebagai tersangka atas kasus dugaan ujaran kebencian melalui media sosial. Hal tersebut disampaikan oleh kuasa hukumnya Ahmad Dhani, Ali Lubis saat dikonfirmasi wartawan.

Meski begitu, ia belum bisa pastikan apakah kliennya sudah diberitahu atau belum oleh polisi. “Berdasarkan informasi memang benar (status Dhani sudah tersangka). Kalau soal pemberitahuan saya nggak tau persis ya, apakah sudah diterima mas Dhani atau belum,” kata Ali di Jakarta, Selasa, (28/11/2017).

Untuk memastikan hal itu, Ali berencana mendatangi kediaman Ahmad Dhani sore ini untuk membahas langkah hukum yang akan ditempuh termasuk gugatan praperadilan. “Ya pasti lah (praperadilan). Kami akan melakukan semua upaya hukum terkait pembelaan,” kata Ali.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, juga membenarkan terkait dinaikkannya status Ahmad Dhani menjadi tersangka. “Iya betul (Ahmad Dhani sudah tersangka),” kata Argo dalam keterangan tertulisnya.

Mencuatnya kabar penetapan tersangka terhadap pentolan Dewa 19 itu, disampaikan oleh pelapor Ahmad Dhani, Jack Boyd Lapian. Menurutnya, penetapan tersebut diputus pada 23 November 2017 lalu, usai dilakukan gelar perkara. “Iya sudah tersangka (Ahmad Dhani),” kata Jack.

Usai dijadikan tersangka, suami Mulan Jameela itu akan diperiksa pada Kamis, (30/11/2017) pekan ini.

Dalam kasus ini, Ahmad Dhani diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tidak hanya itu, Ahmad Dhani juga tersangkut masalah hukum terkait dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo. Dalam kasus ini ia juga telah ditetapkan sebagai tersangka, kasusnya ditangani oleh Polda Metro Jaya. (Yendhi/embun)