Tuesday, 16 July 2019

Klopp Isyaratkan Rotasi Pemain Saat Liverpool Hadapi Stoke

Rabu, 29 November 2017 — 13:09 WIB
Pelatih Liverpool  Jurgen Klop.(reuters)

Pelatih Liverpool Jurgen Klop.(reuters)

INGGRIS – Pelatih Jurgen Klop tampaknya tidak ingin kejadian seperti saat Liverpool menghadapi Chelsea pekan lalu, yang hasilnya hanya memetik satu gol, dalam laga yang berkseudahan 1-1.

Kali ini menghadapi Stoke City, Klop mengisyaratkan menurunkan Mane dan Fermino sejak awal. Untuk pertandingan melawan Stoke City di Britania Stadium, Kamis (30/11) 01:45 dini hari WIB nanti, Klopp kembali mengisyaratkan melakukan rotasi, namun bukan hanya kepada kedua pemain kunci ini.

“Mungkin (mereka bakal bermain), tapi bukan hanya mereka berdua. Kami harus membuat beberapa perubahan, masuk akal menjalani musim ini dengan menggunakan kekuatan seluruh skuat. Itu berarti jika Anda melibatkan beberapa pemain, Anda harus meninggalkan beberapa pemain lain, itulah yang kami lakukan,” kata Klopp dilansir ESPN.

Selain Firmino dan Mane, Klopp juga tampaknya bakal menurunkan Emre Can. Gelandang Jerman itu sebelumnya pada laga kontra Chelsea juga tidak tampil karena mengalami cedera. Namun kini, dia sudah mengikuti latihan secara penuh dan siap tampil.

Tapi di satu sisi, Klopp kemungkinan besar masih akan kehilangan bek andalannya, Dejan Lovren. Lovren yang juga tak bermain di laga melawan Chelsea itu harus kembali absen lantaran menderita cedera. Beruntung bagi Liverpool, duet Ragnar Klavan dan Joel Matip tampil tidak buruk-buruk amat di laga kontra Chelsea.

“Dejan sedikit lagi (sembuh). Ini bukan hal yang besar; ada sedikit bengkak dan kami harus mencari tahu apa sebabnya. Dia akan mencoba berlari dalam beberapa menit, saya baru berbicara dengannya,” ujar Klopp.

“Emre sudah kembali, itu bukan hal yang besar, tapi cukup lumayan sehingga dia tidak bisa memainkan pertandingan terakhir (melawan Chelsea). Dia sudah kembali dan ini adalah skuat yang lengkap, pasti.”

Dalam kompetisi yang ketat di Liga Primer, rotasi memang jadi salah satu kiat yang dilakukan klub-klub papan atas Premier League untuk menyiasati jadwal padat.

Pasalnya, saat ini sudah pengujung November dan Desember adalah bulan paling mengerikan bagi mereka. Jika tidak pintar dalam menyiasati padatnya jadwal, mereka bisa terpeleset kapan saja.

Ke depan beberapa laga krusial menanti. Seusai menghadapi Stoke, Liverpool akan bertandang menghadapi Brighton & Hove Albion akhir pekan nanti, lalu menjamu Spartak Moscow pada tengah pekan kemudian. Ini yang tentunya jadi hitung-hitungan Klopp.(*/win)