Thursday, 20 September 2018

Meghan Markle Janda, Ratu Elizabeth II Tak Akan Hadiri Pernikahan Pangeran Harry

Rabu, 29 November 2017 — 12:01 WIB
Ratu Elizabeth II juga menjabat sebagai Kepala Gereja Inggris. (reuters)

Ratu Elizabeth II juga menjabat sebagai Kepala Gereja Inggris. (reuters)

INGGRIS – Gara-gara status janda yang disandang Meghan Markle, Ratu Elizabeth II kabarnya tidak akan menghadiri upacara pernikahan cucunya, Pangeran Harry dan Markle. Jabatan sebagai Kepala Gereja Inggris lah yang membuat Ratu Inggris tidak dapat memberikan dukungan langsung kepada kedua calin mempelai.

Seperti diketahui, Meghan Markle pernah mengalami kegagalan rumah tangga bersama produser film Trevor Engelson beberapa tahun lalu. Ini berarti, pernikahannya dengan anak Putri Diana ini menjadi yang kedua.  Sebagai kepala gereja, Ratu Inggris tak diperkenankan memberikan dukungan untuk pernikahan kedua pasca perceraian.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth tidak dapat menghadiri acara pemberkatan pernikahan Pangeran Charles dan Camilla Parker-Bowles. Parker pun merupakan seorang janda saat menikahi Pangeran Charles pada 2005 lalu.

“Aku tidak dapat pergi. Aku tidak bisa karena posisiku (sebagai Kepala Gereja Inggris) mengizinkannya,” ungkap sang Ratu kepada sahabatnya kala itu, seperti dilansir The Telegraph.

Meski tak dapat menyaksikan cucunya menikah, namun restu dari Sang Ratu sudah dikantongi sejak lama. Awalnya, beredar kabar jika Ratu Elizabeth menentang pernikahan ini. Namun, pertemuan anatar Meghan Markle dan Ratu disebut berjalan lancar, hingga akhirnya restupun didapat.

Setelah muncul pengumuman resmi acara pertunangan Pangeran Harry dan Markle, pihak istana seperti dilansir People, Rabu (29/11/2017), menyebutkan jika pernikahan akan digelar pada Mei 2018, bertempat di St George’s Chapel di Windsor Castle.

Menurut informasi dari Istana Kensington, keluarga kerajaan akan menanggung seluruh biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, termasuk pelayanan gereja, bunga, dekorasi dan resepsi. (embun)